Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian CCCXI)

Semua anggota delegasi Indonesia pun hadir mengikuti pertemuan itu, begitu juga dengan pihak Malaysia dan Thailand. Seperti biasa, pertemuan di buka dan setiap delegasi memberikan laporan ke Forum. Saya bicara atas nama delegasi Indonesia, menyampaikan perkembangan yang terjadi dan hal-hal apa saja yang perlu untuk di kemukakan dengan harapan dibahas oleh seluruh delegasi.

Saya menyampaikan laporan kepada forum atas nama business council dari Indonesia, demikian juga dari Malaysia dan Thailan, yang kemudian diminta tangapan pihak delegasi. Mereka dipersilakan mengusulkan apa saja yang sekirannya perlu dilakukan. Waktu itu pihak Malaysia mengusulkan agar pihak Indonesia mempermudah warga negaranya ke luar negeri dengan cara menghilangkan biaya fiskal bagi penduduk Indonesia yang berada di wilayah IMT-GT. Delegasi Malaysia mengemukakan bahwa tujuan mereka adalah memperlancar arus barang dan manusia. Adanya keharusan membayar uang fiskal bagi warga negara Indonesia yang berangkat keluar negeri tentu menghambat arus perjalanan.

Usulan itu ditampung dan belakangan disetujui. Suatu keuntungan besar bagi Malaysia untuk meningkatkan pariwisata. Ketika itu IMT-GT baru mencakup Aceh, Sumatera Utara dan Riau. Belakangan masuk ke Sumatera Barat.

Sumber : Derom Bangun                                                  

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like