Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian CCCLIII)

“Tapi ketika tadi saat selesai pertemuan, tampaknya ada tamu Pak Mentan, Bu. Kalau ditelpon pun tak akan diangkat,” kata saya.

“Kalau begitu kirim SMS kepadanya,” balas Menteri Perdagangan yang pernah jadi peneliti CSIS itu. Saya pun menuruti anjurannya dengan mengirim pesan singkat untuk Menteri Pertanian Suswono, mengklarifikasi persoalan jeruk kino.

Sampai hari ini pemerintah belum memberikan kepastian langkah apa yang hendak dilakukan berkenaan dengan hubungan dagang dengan Pakistan itu. Pakistan ingin terjadi keseimbangan neraca perdagangan dengan Indonesia. Itu bisa dipahami dari sisi bisnis. Bagaimanapun mereka ingin mendapatkan keuntungan buat negaranya, sebagaimana kita juga menginginkan hal itu untuk negara kita.

MEMBAWA SAWIT SAMPAI KENEGERI NAGA

Setelah nengunjungi India bersama dengan pihak malaysia, saya dan menteri Perdagangan luhut Panjaitan berpisah untuk menuju China. Saya melalui jalur Delii-Singapura-Beijing, sementara Menteri Luhut Panjaitan dan Ketua kadin Aburizal Bakrie menempuh perjalanan udara dari Delhi-Hongkong-Beijing. Dalam roadshow tersebut Malaysia yang sebelumnya bersama-sama ke India juga tetap bersama kami untuk menemui pihak Pemerintah China.

Sumber : Derom Bangun

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like