Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian CCCIX)

Organisasi pelaku usaha lain yang juga saya ikuti adalah Apindo, Asosiasi Pengusaha Indonesia. Namun berbeda dengan organisasi pengusaha lain, seperti Kadin, Apindo memfokuskan kegiatan pada relasi pekerja dengan pengusaha. Ketika ada pertemuan Trilateral di Jenewa, Swiss yang diprakarsai oleh ILO dengan tujuan mempertemukan tiga unsur: pekerja, pengusaha dan pemerintah, saya termasuk salah satu yang diundang ke sana.

Ketika itu ketua Apindo dijabat oleh Suparwanto, sementara saya ketua pengurus daerah Sumatera Utara. Tawaran datang kepada saya untuk mewakili Indonesia. Saya berangkat karena siap dengan bahan-bahan yang berkaitan dengan masalah-masalah tripatri internasional. Dari pemerintah Indonesia sendiri ada wakil dari Depnaker yang mewakili Menteri Bomer Pasaribu.

Topik utama dalam rapat tersebut adalah langkah-langkah untuk mengurangi buruh anak dan meningkatkan kesejateraan pekerja. Delegasi Amerika Latin sempat keberatan dengan pembahasan itu karena persoalan buruh anak persoalan rumit dinegaranya. Di beberpa negara di Amerika Latin banyak orang tua meningal karena perang dan anak-anak yang ditinggalkan itu harus bekerja.

Sumber : Derom Bangun                                                  

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like