Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian C)

Segera saja dua orang datang dan duduk di hadapan saya setelah saya persilakan. Mereka dari perusahaan Spektrum yang bergerak dalam bidang perdagangan. Ternyata peusahaan ini sudah bisa berdagang minyak sawit dengan negara-negara di Timur Tengah seperti Irak dan Iran. Ada satu kendala yang saya anggap perlu dicari jalan keluarnya, yaitu teknis pembayaran Bank-bank di Indonesia belum menjalin hubungan yang memadai dengan bank-bank di Rusia. Saya dengar mereka membeli barang dari Indonesia. Kadang-kadang pembayarannya melalui bank di Vietnam. Saya sarankan agar mereka menjajaki pembayaran melalui bank di New York supaya mudah bagi pihak Indonesia.

Jika datang pengusaha lain yang ingin membeli produk jadi, namanya vegetable fat. Tawarannya berkunjung kekantornya saya penuhi keesokan harinya. Dia sudah lama membeli minyak roti dari Malaysia. Terlihat brosur-brosur mengenai minyak sawit Malaysia dalam bahasa dan tulisan Rusia. Nampak jelas kemajuan promosi Malaysia.

Penjelasan saya bahwa mutu minyak sawit Indonesia sama bagusnya tidak langsung diterima. Sudah terlanjur terbentuk kesan bahwa produk Malaysia lebih bagus. Tetapi mereka berjanji mencoba berhubungan dengan pengusaha Indonesia yang alamatnya tertera pada brosur yang saya berikan.

Sumber : Derom Bangun

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like