Mahasiswa UNS Raih Juara Pertama Lomba Riset Sawit Mahasiswa BPDP-KS

BOGOR, SAWIT INDONESIA – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil menempati posisi juara pertam lomba riset sawit tingkat mahasiswa yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS).

Informasi ini diperoleh dalam akun resmi Twitter @11MaretUniv, bahwa Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) berhasil menjuarai lomba yang diadakan BPDPD-KS.

Tema risetnya adalah PULOSAKTI (Plester Luka Dari Tandan Kosong Kelapa Sawit dan Ikan Sidat) Plester Inovatif Sebagai Pertolongan Pertama, sebagaimana kicau Twitter resmi UNS, Sabtu (13 Juli 2019.

Penelitian PULOSAKTI dilakukan oleh Alfiyatul Fithri dan Wahyu Puji Pamungkas di bawah bimbingan Dr rer nat Maulidan Firdaus MSc.

Fithri menambahkan, Pulosakti ini merupakan plester luka modern berbasis hidrogel dengan sifat ramah lingkungan. Hidrogel dibuat dari limbah tandan kosong kelapa sawit. Sedangkan ikan sidat adalah komponen tambahan pada plester yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka karena tingginya kandungan albumin dalam ikan sidat.

Cara penggunaan Pulosakti sangat sederhana hanya dengan menempelkan plester pada bagian luka, dimana sebelumnya luka dibersihkan dengan air atau alkohol untuk menghilangkan kotoran dan darah. Efektifitas Pulosakti diperoleh dari uji luka pada tikus putih. Kemampuan percepatan penyembuhan luka diamati dan dibandingkan dengan plester luka konvensional komersil dan gel komersil.

Dalam twitter resmi UNS juga ditampilkan foto mahasiswa yang memenangkan lomba dan mendapat uang Rp50 juta.

Lomba Riset Sawit Tingkat Mahahsiswa 2019 diselenggarakan di IICC BOtani, Bogor, Jawa Barat, pada 12 hingga 13 Juli 2019.

BPDP-KS mengadakan Lomba Riset Sawit Tingkat Mahasiswa sejak Maret 2018 yang menyeleksi lebih dari 350 proposal riset dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dari jumlah tadi disaring menjadi 30 riset yang diberikan pendanaan riset.

Pada Final Lomba Riset Sawit Mahasiswa 2019, ada 10 hasil riset yang dipresentasikan di hadpaan Tim Penilai untuk menentukan 3 riset terbaik yang akan mendapatkan penghargaan.

Foto: twitter UNS

6 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like