Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian LXXVII)

Namun kedepannya Mekarsari juga bakal memproduksi benih sendiri. Melalui kerjasama waralaba, Mekarsari juga memperoleh tanaman induk milik Sasaran Ehsan Utama (Dura dan Pisifera). Produsen Malaysia tersebut menyerahkan beberapa tanaman induknya untuk diduplikasi dan kemudian ditanam di area milik Mekarsari.

Saat ini telah ditanam Dura dan Pisifera hasil duplikasi tersebut di atas lahan seluas 58 Ha, yang terbagi atas dua seed garden dimana lokasinya berdampingan dengan Tanaman di areal milik Mekarsari.

Pada seed garden 1 terdapat Pisifera (AVROS) sebanyak  9 tanaman Dura Deli 1.200 batang yang ditanam diatas lahan seluas 11 Ha. Sedangkan pada seed garden 2 akan ditanam 6.500 Dura pohon induk Dura dengan luas 47 Ha.

Disamping itu, Mekarsari juga memiliki kebun progeny test seluas 250 Ha sebagai tempat penanaman tanaman sawit hasil persilangan. Kebun ini tempat berlangsung observasi terhadap Tenera (silangan) untuk mengetahuai induk mana yang paling baik untuk disilangkan (Dura dan Pisifira), yakni mampu menghasilkan tanaman dengan produktivitas tinggi.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Sawit atau Kedelai?

Penulis: Nurafni Octora (Mahasiswa Universitas Riau) Sawit adalah tumbuhan industri sebagai bahan baku penghasil minyak nabati dan merupakan…