Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian LXXVI)

Benih asal Ehsan Malaysia di kirim ke Mekarsari dalam bentuk pre-heated. Kemudian diproses lebih lanjut hingga berkecambah dan siap disalurkan kepada konsumen. Proses dan penyaluran benih ini dilaksanakan oleh PT. Sasaran Ehsan Mekarsari yaitu anak perusahaan PT. Mekar Unggul Sari, pengelola Taman Wisata Mekarsari.

Untuk melakukan proses tersebut, Mekarsari telah membangun fasilitas seeds processing unit (SPU) seluas 600 m2. Lokasinya berdampingan dengan taman, bangunan seeds processing unit terbagi atas beberapa bagian, antara lain ruang sortasi awal, penyimpanan, pemanasan, perendaman, pengeringan, perkecambah dan berakhir pada ruang sortase akhir. Setiap bagian dilengkapi peralatan standar untuk melakukan seeds processing, seperti boiler, heater, alat pengukur kelembapan dan sebagainya.

Baca Juga :   Kementerian Agraria Evaluasi Jangka Waktu HGU Kebun

Untuk menjamin kualitas benih pihak Mekarsari akan melakukan penyeleksian ketat. Benih yang akan dipilih adalah yang memiliki perkecambahan yang relatif cepat, dengan ukuran homogen yakni minimal 1,2 cm, serta terbebas dari organisme, seperti jamur, yang dapat menurunkan kualitas benih.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like