Konon kebun koleksi buah-buahan yang berlokasi didaerah cilengsi tersebut merupakan salah satu tempat favoritnya, yang didirikan tak lain atas ide dan saran Ibu. Tien (Alm) yang terinpirasi dari pengalamannya mengunjungi berbagai negara.

Ketika masih menjabat Presiden RI, Pak. Harto sering mengunjungi tempat ini. Termasuk sekali mengajak tamu-tamu negara bersantai ditaman yang asri tersebut. Pak. Harto suka mengelilingi kebun dan melihat apakah ada tanaman yang tengah berbuah.

Dan kebiasan ini ia lakoni sampai tidak lagi menjadi pemimpin negara. “Bahkan setelah terkena stroke pun ia tetap rutin mengunjungi tempat ini”, ungkap Reza Tirtawinata, peneliti buah-buahan di Mekarsari, yang dekat dengan Pak. Harto. “Belia sangat suka jika diundang memanen buah-buahan dan berdiskusi mengenai teknologi pertanian mutakhir”, tambahnya.

Ide pengembangan kebun induk sawit berasal dari tim pengelola Mekarsari. “Seperti biasa kami mencoba memaparkan rencana pemabgunan tersebut dengan segala perhitungannya”, ujar Reza. Pada saat itu Pak. Harto sudah terkena stroke, yaitu sekitar tahun 2005.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

Share.