KSB Indonesia, Produsen Pompa dan Valve Berkualitas

KSB Indonesia menawarkan produk valve berkualitas bernilai tambah, tangguh, dan dapat diandalkan. Memiliki beragam produk sesuai kebutuhan konsumen sektor industri.

Di sektor industri minyak, tak terkecuali industri minyak sawit penggunaan perangkat Valve atau katup adalah perangkat penting. Pasalnya, perangkat ini pada industri minyak sawit, valve terpasang pada sistem perpipaan yang berfungsi untuk mengatur, mengontrol dan mengarahkan laju aliran minyak dengan cara membuka, menutup atau menutup sebagian aliran minyak.

Selain itu, valve memiliki peran penting pada industri seperti minyak dan gas yang meliputi pengaliran kedalam kolom distilasi dan mengontrol pengapian pada furnace (tungku pembakaran).

Valve dapat dioperasikan secara manual baik dengan menggunakan pegangan, tuas pedal dan sebagainya. Selain dioperasikan secara manual ada jenis valve yang dioperasikan secara otomatis, pengendaliannya dilakukan dengan menggunakan prinsip perubahan aliran, tekanan dan suhu di dalam pipa.

Baca Juga :   Perbaiki Industri Sawit, GAPKI Ajak Petani dan Media Massa Terlibat

KSB Indonesia menjadi distributor utama valve semenjak 27 tahun lalu. Teknologi valve berasal dari Jerman. Produk KSB sudah familiar bagi sektor industri minyak. Produk yang dihasilkan jenis-jenis valve di antaranya Butterfly Valve, Globe Valve dan Gate Valve. Bahkan, sejak saat itu, KSB Indonesia sudah mengenalkan produk yang diproduksi menggunakan teknologi Jerman pada industri sawit.

General Manager Sales, PT KSB Indonesia, Heri Sudewo mengatakan pihaknya menyediakan jenis-jenis perangkat (valve) yang kerap digunakan pada industri minyak. Butterfly Valve digunakan untuk control duty berbagai unit aplikasi refinery seperti Crude, Degummed Oil, Acid, Bleaching dan Deodorizing.

“Globe Valve digunakan sebagai perangkat pada proses Palm Oil Mill di unit water treatment, boiler, steriliziser, digester dan press, clarification dan purification dan kernel storage. Selain itu, Globe Valve juga bisa digunakan sebagai perangkat pada produksi Biofuel di unit oil heater/boiler, storage, premix dan dosing, transesterification, purification dan gliserin unit,” ujar Heri, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Majalah Sawit Indonesia.

Baca Juga :   Strategi Menko Airlangga Jaga Perekonomian RI

Seperti diketahui, valve pada industri minyak sebagai perangkat yang berfungsi untuk menutup dan membuka aliran dengan syarat ketika terbuka memiliki hambatan aliran dan pressure loss yang minimum. Misalnya Gate Valve, Ball, Plug, dan Butterfly Valve.

Butterfly Valve adalah jenis valve yang didesain sederhana dan umumnya hanya digunakan untuk aliran bertekanan rendah. Desainnya yang sangat sederhana, sehingga dalam mengontrol aliran untuk membuka penuh dan menutup hanya diperlukan 1/4 putaran.tidak hanya itu, valve juga untuk mengatur aliran, dengan cara menahan aliran dengan perubahan arah atau menggunakan suatu hambatan bisa juga dengan kombinasi keduanya. Dan, untuk mencegah aliran balik (back flow), biasanya menggunakan check Valve (lift check dan swing Check). Valve ini akan tetap terbuka dan akan tertutup apa bila terdapat aliran yang berlawanan arah. Dan, masih banyak lagi fungsi lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Baca Juga :   Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian XXI)

Sementara, Globe Valve yaitu perangkat yang berfungsi untuk mengubah arah sehingga menghasilkan friksi yang cukup besar meskipun dalam keadaan terbuka lebar. Jenis valve ini cukup penting bila digunakan untuk penutupan yang rapat terutama pada aliran migas.

Dan, Gate Valve merupakan jenis perangkat yang berfungsi untuk membuka dan menutup aliran dengan cara tertutup rapat dan terbuka penuh. Sistem kerjanya hanya membuka dan menutup. Valve ini tidak cocok untuk mengatur debit aliran karena kurang akurat dalam hal mengontrol volume aliran di dalam pipa.

(Selengkapnya dapat dibaca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 102)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like