Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) – KLHK, bekerjasama dengan International Tropical Timber Organization (ITTO) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengendalian Karhutla di Daops Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, 31/5/2022. Kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Manggala Agni dalam praktik pengendalian karhutla di lapangan.

Direktur PKHL diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat PKHL Agus Wiyadi menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan Bimbingan Teknis ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam kerangka Kegiatan Kerjasama KLHK-ITTO “Capacity Building on Forest and Land Fire Management in Indonesia” yang menjadi salah satu bentuk upaya koordinasi dan sinergi dengan para pihak untuk turut serta berkontribusi dalam penanganan karhutla di Indonesia.

“Selain meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Manggala Agni, juga dilaksanakan pelatihan evakuasi satwa yang terdampak karhutla serta peningkatan aspek keselamatan dan kesehatan kerja. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari 31 Mei – 2 Juni 2022 dengan peserta sebanyak 54 anggota Manggala Agni,” jelas Agus.

Agus mengharapkan kerjasama kegiatan ITTO PP-A/56-340-1 mampu meningkatkan kapasitas dan kompetensi Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), dan masyarakat lokal. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi serta meningkatkan jiwa korsa dan kekompakan diantara para anggota Manggala Agni.

Koordinator Kegiatan ITTO Irfan Malik Setiabudi menjelaskan ITTO merupakan organisasi antar pemerintah yang mendorong konservasi sumber daya hutan tropis, termasuk dalam kegiatan pengelolaan, pemanfaatan, dan perdagangannya secara berkelanjutan. ITTO menunjukan komitmen dalam upaya penanganan karhutla, khususnya di daerah tropis dan Indonesia melalui Kegiatan Kerjasama KLHK-ITTO PP-A/56-340-1 dengan tema “Capacity Building on Forest and Land Fire Management in Indonesia”.

“Kegiatan Kerjasama ITTO ini memiliki tujuan untuk meningkatkan upaya pencegahan karhutla melalui penguatan kapasitas tehnik dan manajemen para pihak terkait pada tingkat nasional dan 3 provinsi sasaran, yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sumatera Selatan,” jelas Irfan.

Irfan mengungkapkan salah satu upaya penguatan kapasitas teknik yang dilakukan yaitu melalui Bimbingan Teknik Pengendalian Karhutla. Kegiatan Bimbingan Teknis ini merupakan rangkaian kegiatan yang sebelumnya telah dilaksanakan di Kalimantan Tengah yaitu di Palangkaraya, Kapuas, Pangkalan Bun, dan Muara Teweh, di Kalimantan Selatan yaitu di Banjar dan Tanah Laut, serta di Sumatera Selatan yaitu di Ogan Komering Ilir, Lahat, Banyuasin, dan Musi Banyuasin. Pada kesempatan kali ini dilaksanakan di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Koordinator Daops Manggala Agni Provinsi Kalimantan Selatan Dody Ronald menyampaikan harapan kepada para peserta Bimtek Pengendalian Karhutla agar peserta bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan bimtek ini sehingga tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai.

Kegiatan Bimtek Pengendalian Karhutla bagi Manggala Agni di Tanah Bumbu ini dilaksanakan selama 3 hari, dengan materi berupa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan instruktur dari K3 Kodim 1022/Tanah Bumbu, materi Evakuasi Satwa yang terdampak karhutla dengan instruktur dari BKSDA Kalimantan Selatan, serta materi pengendalian karhutla dengan instruktur dari Manggala Agni terlatih dan berpengalaman dari Daops Tanah Bumbu.

Kegiatan Bimtek Pengendalian Karhutla ini merupakan rangkaian kegiatan bimtek yang didukung oleh kerjasama KLHK-ITTO, dimana sebelumnya kegiatan serupa telah sukses diselenggarakan sebanyak sepuluh kali di Provinsi Kalimantan Tengah (Palangkaraya, Kapuas, Pangkalan Bun, dan Muara Teweh), Kalimantan Selatan (Banjar, Tanah Laut), serta Provinsi Sumatera Selatan (Lahat,  Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Musi Banyuasin).

Sumber: sipongi.menlhk.go.id

Share.