BANGKA BELITUNG, SAWIT INDONESIA – Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (DPD APKASINDO) dari enam kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terpilih untuk masa bakti 2021-2026, dilantik oleh H Sahuruddin selaku Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) APKASINDO Bangka Belitung, pada Kamis (10 November 2022).

Adapun jajaran pengurus DPD APKASINDO yang dilantik dari 6 Kabupaten yaitu Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Belitung, dan Kabupaten Belitung Timur.

Pelantikan dihadiri Ketua Pelaksana Harian Dewan Pembina DPP APKASINDO Mayjen TNI (Purn) Erro Kusnara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Belitung, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Ketahanan Belitung, GAPKI Bangka Belitung, Polres Belitung. Selain itu, hadir secara virtual Dwi dari tim Sarana dan Prasana BPDPKS serta Prasetyo Djati dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian.

Sahuruddin mengatakan semoga ketua dan pengurus DPD APKASINDO dari enam kabupaten yang baru dilantik dapat mengemban tugas dengan baik dan membesarkan APKASINDO sebagai wadah perjuangan bersama para petani sawit di daerah masing-masing.

“APKASINDO telah tersebar di 22 provinsi dan 146 kabupaten penghasil kelapa sawit di Indonesia, mulai dari Aceh hingga ke Papua. Keberadaan APKASINDO sebagai wadah untuk mendorong petani sawit di Babel agar dapat lebih maju dalam bertani, dan hak petani dapat dilindungi baik hak secara ekonomi maupun secara hukum. Dengan dilantiknya DPD APKASINDO Bangka Belitung akan memperkuat sinergitas,” ujarnya, usai pelantikan.

Selanjutnya ia menyampaikan banyak program-program dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) yang dapat dimanfaatkan oleh petani sawit untuk meningkatkan kualitas SDM serta meningkatkan produktifitas perkebunan kelapa sawit, khususnya di Bangka Belitung.

“Ada banyak program dari BPDPKS juga yang harus disalurkan kepada petani sawit serta anak petani sawit di Bangka Belitung, seperti program Peremajaan Sawit Rakyat, beasiswa, sarana dan prasarana dan lain-lain,” lanjut Sahuruddin.

“Kami berkomitmen melalui APKASINDO memberikan pendampingan bagi petani sawit serta menjadi corong antara petani sawit dan pemerintah demi mewujudkan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan,” tambahnya.
Selain pelantikan, DPD APKASINDO Bangka Belitung menggelar pelantikan Focus Group Disscusion (FGD) membahas sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) untuk perkebunan kelapa sawit berkelanjutan didukung Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Share.