Amman, Yordania – Dalam rangka meningkatkan hubungan dagang antara Indonesia dan negara akreditasi, Perwakilan Indonesia di luar negeri menjalin hubungan erat dengan berbagai mitra termasuk pemerintah dan BUMN. Belum lama ini, KBRI Amman menerima kunjungan Jordan Phospate Mines Company (JPMC) dalam rangka diskusi peningkatan bisnis di kedua negara (13/01/2022).

Dalam pertemuan tersebut, JPMC diwakili oleh Chairman Dr. Mohammad Thneibat dan CEO JPMC Mr. Abdel Wahab Alrowwad. Chairman JPMC menyampaikan salam selamat datang dan selamat bertugas untuk Duta Besar Indonesia untuk Yordania, Ade Padmo Sarwono. Mohammad Thneibat  juga telah menjelaskan berbagai kerja sama bisnis yang dilakukan JPMC di Indonesia, termasuk perusahaan patungan (joint venture) seperti dengan PT Petrokimia Gresik yaitu PT Petro Jordan Abadi yang berada di Jawa Timur.

Dubes Ade Padmo menyampaikan apresiasinya kepada kedua pimpinan JPMC atas hubungan bisnis yang sudah berjalan, dan berharap kerja sama bisnis dapat terus ditingkatkan dengan Yordania, khususnya JPMC. Dubes Ade juga menyampaikan minat Indonesia untuk berinvestasi di Yordania yang disambut baik olec Chairman JPMC.

JPMC merupakan BUMN Yordania yang bergerak di sektor pertambangan dan industri fosfat, yang merupakan eksportir fosfat kedua terbesar di dunia. Setiap tahunnya JPMC mengekspor sekitar 1,2 juta ton fosfat mentah ke Indonesia. Fosfat merupakan merupakan salah satu dari 3 nutrien utama dalam pupuk buatan (dua lainnya adalah nitrogen dan potasium). Fosfat dapat diolah menjadi berbagai produk turunan, salah satunya phosphoric acid yang digunakan dalam berbagai produk, mulai dari pupuk, pakan ternak, deterjen, hingga produk makanan.

Sumber: kemlu.go.id

Share.

Leave A Reply