Investasi Baru Dongkrak Produksi Biodiesel Menjadi 12,9 Juta Kl


JAKARTA, SAWIT INDONESIA –  Seiring dengan rencana B30, bisnis biodiesel semakin menarik minat investor. Tahun ini, kapasitas produksi biodiesel akan meningkat setelah masuknya investasi baru. Jika B30 terlaksana, pasokan biodiesel di pasar domestik akan menjadi 9 juta-10 juta Kl per tahun.

Paulus Tjakrawan, Ketua Harian Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (APROBI) mengatakan ada tiga perusahaan  yang berinvetasi di sektor biodiesel. Satu perusahaan membangun kapasitas produksi baru sebesar 300 ribu Kl.

Sedangkan dua perusahaan lain dalam rangka peningkatan kapasitas terpasang (eksisting). Masing- masing perusahaan menambah kapasitas produksi sebesar 300 ribu kl. Sehingga total tambahan  produksi sebanyak 900 ribu kl.

Saat ini, kapasitas produksi biodiesel nasional baru 12 juta Kl. Dengan adanya investasi baru tadi, maka kapasitas produksi dapat mencapai 12,9 juta Kl. “Jadi harapannya, ada tambahan kapasitas produksi 900.000 kilo liter dari kapasitas yang sekarang sebesar 12 juta kilo liter,” tutur Paulus.

Baca Juga :   Perang Informasi (Bagian Pertama)

Tetapi Paulus enggan merinci nama perusahaan yang akan berinvestasi tersebut.  Termasuk perusahaan baru yang akan membangun pabrik biodiesel. Penambahan kapasitas industri biodiesel ini untuk mengantisipasi kenaikan permintaan biodiesel di pasar domestik, termasuk ekspor ke luar negeri.

“Selain itu, program B30 menjadi daya tarik bagi investasi baru. Karena program B30 diperkirakan meningkatkan pemakaian biodisel menjadi sekira 9 juta-10 juta Kl,”ujar Paulus.

Sementara itu, kapasitas produksi terpasang sebesar 12 juta Kl. Ini artinya, pasokan tersisa sedikit. Belum lagi dengan pengiriman biodiesel untuk pasar ekspor. “Makanya, ada antisipasi dari teman-teman produsen yang tingkatkan kapasitas terpasang. Serta ada perusahaan baru yang  terjun di biodiesel,” pungkasnya.

Baca Juga :   Pertama Kalinya Dalam 9 Tahun Terakhir, Harga CPO Diatas Minyak Kedelai
21 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like