Integrasi Laboratorium dan Layanan Agronomi

PT. Binasawit Makmur untuk Pelanggan

Laboratorium Analitik PT Binasawit Makmur (BSM) siap bersaing dan memberikan pelayanan terbaiknya dengan ruang lingkup analisa yang lebih luas. Dalam acara soft launching yang dilaksanakan berbarengan dengan Webinar DxP Sriwijaya pada 9 Maret 2021 lalu. Selain itu, Komite Akreditasi Nasional telah memberikan akreditasi kepada laboratorium ini.

”Kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk mendukung berkembangnya perkebunan kelapa sawit nasional,”ujar Direktur BSM, Dr. Dwi Asmono saat webinar tersebut.

Penerapan prinsip-prinsip keberlanjutan telah menjadi bagian mendasar untuk menjaga dan meningkatkan daya saing perusahaan dari segi kualitas produk dan layanan termasuk mengoptimalkan peran laboratorium. Laboratorium menjadi fondasi dasar dalam mendukung praktek perkebunan terbaik guna menjamin pengelolaan yang bertanggung jawab dalam keseluruhan aspek perkebunan.

Selain sebagai produsen benih unggul yang cukup diperhitungkan di industri kelapa sawit Indonesia, seiring dengan kebutuhan dan tantangan pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang lestari bagi kepentingan bersama, BSM, anak perusahaan PT Sampoerna AgroTbk yang berlokasi di Jl. Kol. H. Burlian No.094 Palembang, memiliki Laboratorium Analitik yang sangat berperan dalam menunjang bisnis perkebunan antara lain dalam analisis tanah dan jaringan tanaman yang bermanfaat untuk mengidentifikasi masalah-masalah terkait unsur hara hingga dapat ditentukan rekomendasi pemupukan yang tepat.

Selain itu, analisis tanah diperlukan untuk evaluasi kesuburan guna menetapkan tingkat kesesuaian lahan untuk komoditas atau penggunaan tertentu berdasarkan faktor pembatas penggunaan lahan. Kesadaran akan pentingnya peranan pupuk dalam peningkatan produktivitas tanaman serta kelestarian lingkungan perkebunan maka diperlukan analisa uji mutu pupuk sehingga memberikan kepastian kepada pelanggan akan kualitas pupuknya. Selain itu, laboratorium juga mendukung pelaksanaan pengelolaan lingkungan sehingga membantu pelaku usaha, pemerintah, mau pun masyarakat dalam melakukan pengujian air dan air limbah terutama dalam pengendalian pencemaran terhadap lingkungan.

Laboratorium Analitik BSM mulai diinisiasi tahun 2012 di Jl. HBR. Motik, no. 1888 (km.8) kota Palembang, yang difokuskan untuk memenuhi kebutuhan pengujian laboratorium internal perusahaan. Demi mendapatkan hasil pengujian yang akurat dan dapat dipercaya, tak tanggung-tanggung Laboratorium BSM mulai mendaftar menjadi anggota uji profisiensi kelas internasional yaitu WEPAL (Wageningen Evaluating Program for Analytical Laboratory) untuk program analisa jaringan tanaman dan tanah pada tahun 2012. Selanjutnya uji profisiensi dan uji banding diperluas untuk para meter lainnya seperti ke ERA untuk analisa air, dan ke Pupuk Indonesia, Balit tanah dan Balai Besar Industri Agro (BBIA) untuk analisa pupuk.

Text Box: ”Kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk mendukung berkembangnya perkebunan kelapa sawit nasional,” ujar Direktur BSM, Dr. Dwi Asmono

Seiring dengan kebutuhan analisa yang semakin meningkat pada tahun 2019, BSM meresmikan gedung dan fasilitas laboratorium yang baru yang diresmikan tanggal 27 Juli 2019. Gedung dengan kapasitas analisa 20.000 sampel per tahun ini mengimplementasikan SNI ISO 17025:2017 yang terintegrasi dengan ISO 9001:2015, ISO 14001:2005, dan ISO 45001:2018. Laboratorium ini didukung oleh sumberdaya manusia yang kompeten, fasilitas laboratorium yang standar, dan peralatan laboratorium yang memadai.

Selanjutnya, BSM terus bergerak secara konsisten dan senantiasa berinovasi hingga pada tanggal 20 Januari 2021 yang lalu telah mendapatkan sertifikat akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan nomor akreditasi LP-1455-IDN. Ruang lingkup yang telah diakreditasi meliputi analisa jaringan tanaman, tanah, pupuk, minyak sawit mentah (CPO), air dan air limbah dengan total 48 parameter analisa.

“Dengan telah terakreditasinya Laboratorium PT. Bina sawit Makmur, berarti kami telah siap memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Kemudahan dalam berkomunikasi, bertransaksi, dan aksesinformasi, akan menjadi prioritas kami untuk memberikan kemudahan pelanggan yang akan menggunakan jasa Laboratorium PT. Binasawit Makmur. Soal harga tidak perlu khawatir, Laboratorium kami memiliki harga yang kompetitif dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi kehandalannya”, ujar Retno Dwi Yustina, Analytical Laboratory Manager BSM.

Selain itu, untuk menunjang kegiatan operasional kebun pelanggan, BSM juga menawarkan kemudahan dalam mengakses layanan agronomi. Layanan agronomi merupakan salah satu layanan yang disediakan untuk memberikan informasi yang akurat terkait keadaan suatu lahan, layanan konsultasi berbasis penelitian terpadu di bidang survei tanah dan evaluasi lahan, rekomendasi pemupukan spesifiklokasi, evaluasi produktivitas tanaman, dan layanan proteksi tanaman.

(selengkapnya dapat dibaca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 113)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like