INSTIPER Yogyakarta Gelar Program Vaksinasi bagi Mahasiswa

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Hingga saat ini, program vaksinasi Covid-19 terus dilakukan. Pemberian vaksin secara gratis kepada masyarakat Indonesia bertujuan untuk mengurangi penularan Covid-19 dan mencapai kekebalan kelompok (herd immunity). Kekebalan kelompok di masyarakat hanya dapat terbentuk apabila cakupan vaksinasi tinggi.

Kali ini, program dijalankan Lembaga Pendidikan salah satunya INSTIPER Yogyakarta bekerjasama dengan Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 04.04.02 Rumah Sakit DKT Dr. Soetarto Yogyakarta bagi mahasiswa INSTIPER Yogyakarta khususnya bagi mahasiswa yang berdomisili di Yogyakarta.

Pelaksanaan program vaksinasi dosis pertama ini dilaksanakan di GRHA INSTIPER Yogyakarta, pada Rabu (18 Agustus 2021). Dimulai pukul 08.00 – 12.00 WIB, diikuti oleh 400 orang mahasiswa INSTIPER Yogyakarta. Vaksin yang digunakan pada program vaksinasi Sinovac. Sementara, pemberian vaksin dosis kedua dijadwalkan pada 15 September mendatang.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, mengatakan penyelenggaraan program vaksinasi bagi mahasiswa INSTIPER sebagai upaya untuk menyukseskan program pemerintah untuk memberikan vaksin untuk usia di atas 12 tahun.

“Selain itu program vaksinasi Covid-19 sebagai bentuk persiapan INSTIPER Yogyakarta dalam mempersiapkan perkuliahan yang akan dilaksanakan secara blended (perpaduan tatap muka dan daring). INSTIPER juga akan menyelenggarakan vaksinasi selanjutnya supaya semakin banyak mahasiswa yang mengikuti vaksinasi,” ujarnya.

Untuk persiapan blended learning, pihak INSTIPER telah menyiapkan ruang kelas yang telah dimodifikasi sehingga memungkinkan pembelajaran tatap muka dan daring dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Penerapan protokol kesehatan di area kampus juga sudah dilakukan dengan baik, seperti aturan pemakaian masker, fasilitas cuci tangan dan penyediaan handsanitizer di berbagai area publik.

Pemberian vaksin ini diharapkan mampu membentuk kekebalan tubuh penerima vaksin dan melindungi orang lain yang belum divaksin khususnya di lingkup Kampus INSTIPER Yogyakarta.
Sebelum program vaksinasi untuk mahasiswa, program serupa sudah dilakukan dosen dan karyawan INSTIPER Yogyakarta menjalani vaksin Covid-19 dosis pertama pada 8 April lalu yang diikuti sebanyak 198 orang. Vaksinasi massal yang diikuti oleh 29 perguruan tinggi swasta (PTS) di Yogyakarta.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Maria Ulfah menjelaskan, keikutsertaan dosen dan karyawan INSTIPER pada vaksinasi Covid-19 dosis pertama pada 8 April 2021 dan dosis kedua pada 6 Mei 2021 sebagai upaya menyukseskan program pemerintah dan bentuk persiapan INSTIPER Yogyakarta dalam menyambut perkuliahan tatap muka.

“Dengan vaksin dosis pertama untuk dosen dan tenaga kependidikan pemberian vaksin dosis kedua pada (6/5), diharapkan mampu membentuk kekebalan tubuh penerima vaksin dan melindungi orang lain yang belum divaksin,” jelasnya.

53 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like