YOGYAKARTA, SAWIT INDONESIA – INSTIPER Yogyakarta mendapatkan kepecayaan dari Badan pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk menyelenggarakan beasiswa sawit program S-1 di tahun ini. Di tahun-tahun sebelumnya BPDPKS hanya menyelenggarakan beasiswa untuk program Diploma. Secara rinci, di tahun ini, BPDPKS membuka Seleksi Nasional Beasiswa Pendidikan Tinggi Vokasi (D I, DII, DIII dan DIV) dan Akademik (Strata 1) Perkebunan Kelapa Sawit Tahun 2022.

Rektor INSTIPER Yogyakarta, Dr. Ir. Harsawardana, M.Eng., menyampaikan tahun Ajaran 2022/2023 ini merupakan tahun pertama INSTIPER dipercaya oleh BPDPKS menyelenggarakan beasiswa program S 1. Terdapat dua minat studi yang akan dibuka khusus kompetensi pengembangan kelapa sawit, yaitu Sarjana Perkebunan Kelapa Sawit (SPKS) dan Sarjana Manajemen Bisnis Perkebunan (SMBP).

“Minat studi SPKS merupakan minat untuk menyiapkan mahasiswa supaya memiliki kompetensi dan mampu menerapkan praktek budidaya tanaman dan manajemen terbaik dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit. Sedangkan untuk minat SMBP merupakan minat untuk menyiapkan mahasiswa supaya memiliki kompetensi bidang manajemen data, keuangan dan SDM di perusahaan perkebunan,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Sawit Indonesia.com

Kedua minat studi yang ditawarkan pada beasiswa sawit (BPDPKS) merupakan minat studi unggulan yang di INSTIPER Yogyakarta. Pada tahun ini INSTIPER mendapatkan kuota beasiswa untuk 2 kelas yaitu: 1 kelas untuk SPKS dan 1 kelas lagi untuk SMBP.

“Beasiswa ini dirancang untuk menghasilkan SDM unggul di bidang kelapa sawit. Melalui beasiswa ini mahasiswa yang berasal dari pusat-pusat perkebunan kelapa sawit seperti anak pekebun, anak pegawai di perusahaan kelapa sawit, dan anak dari pengurus koperasi kelapa sawit dapat menempuh pendidikan tinggi dengan mudah,” imbuh Harsawardana.

Sebagai informasi, terdapat 6 (enam) jalur pendaftaran beasiswa SDM Sawit BPDPKS, jalur pekebun kelapa sawit, jalur keluarga pekebun kelapa sawit, jalur Aparatur Sipil Negara (ASN)/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Jalur Karyawan/Pekerja pada Usaha Budidaya dan/atau Pengolahan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit,  Jalur Keluarga Karyawan/Pekerja pada Usaha Budidaya dan/atau Pengolahan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit, dan Jalur Pengurus/Anggota Koperasi/Lembaga yang Bergerak dalam Perkelapa sawitan.

Bagi mahasiswa yang lolos beasiswa SDM Sawit BPDPKS akan mendapatkan fasilitas lengkap seperti Transport PP ke/dari kampus, biaya pendidikan (penuh), biaya asrama/ kamar kost, uang saku dan uang buku, magang di perkebunan besar, dan mendapatkan sertifikat kompetensi.

Untuk dapat mendaftarkan beasiswa ini, para calon mahasiswa dapat mendaftar secara online melalui alamat https://www.beasiswasdmsawit.id/. Syarat-syarat pendaftaran telah dijelaskan dengan lengkap pada website tersebut.

Selanjutnya, Harsawardana, M.Eng menambahkan, pihaknya berharap semoga mahasiswa yang terpilih dapat membawa kesuksesan pada mahasiswa, dapat membangun dan mengembangkan perkebunan kelapa sawit serta melakukan diseminasi apa yang sudah diperoleh selama kuliah kepada masyarakat di sekitarnya.

 

Share.