INSTIPER dan Yayasan Kehati Bekerjasama Dalam Pengembangan Platform Online SAWITKITA

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Komoditas kelapa sawit menjadi komoditas strategis bagi Indonesia. Kelapa sawit telah berperan  besar dalam pencapaian SDGs. Pembangunan wilayah, pembangunan infrastruktur, pencapaian wajib belajar, pertumbuhan ekonomi wilayah dan kesejahteraan masyarakat baik petani dan masyarakat.

Peran dan capaian dalam pembangunan, maka kelapa sawit sebagai komditas strategis harus dikelola dengan berkelanjutan. Tata kelola sawit berkelanjutan telah menjadi kesadaran bersama para pihak untuk tatakelola produksi, agoindustri dan rantai pasok dalam sistem bisnis yang berkelanjutan

Pembangunan kelapa sawit dimulai dari kebun (farm) untuk membangun kelapa sawit berkelanjutan pemerintah telah menetapkan mandatori untuk semua kebun (besar-petani) bersertifikat ISPO. Tantangan saat ini adalah menyiapkan kebun-kebun petani untuk sertifikasi ISPO.

“ISPO bukan sekedar urusan administrasi tata kelola, utamanya tentang tata kelola kebun yang dilakukan sesuai best practices. Untuk itu pemerintah perlu memfasilitasi para pekebun agar bisa mengelola kebun sesuai standar yang ditetapkan ISPO,” ujar Dr. Purwadi, Direktur Pusat Sains Kelapa Sawit Instiper Yogyakarta, dalam keterangan tertulis, Selasa (6 Juli 2021).

Purwadi menjelaskan bahwa aspek penting yang perlu diperhatikan adalah peningkatan pengetahuan, pemahaman, dan ketrampilan petani tetang tata cara budidaya terbaik sesuai standar ISPO. Tantangan di lapangan adalah keterbatasan tenaga penyuluh dan pendamping petani/pekebun.

Berpijak dari persoalan tadi, Fakultas Pertanian Instiper Yogyakarta bekerjasama dengan  Yayasan KEHATI melalui program Strengthening Palm Oil Sustainability (SPOS) untuk pengembangan platform online SAWITKITA (Smallholders Assisted With Information Technology – Kehati Instiper). SAWITKITA Learning merupakan aplikasi pembelajaran sawit pertama di Indonesia yang menyajikan pembelajaran budidaya kelapa sawit terlengkap

Platform program pakar dan pembelajaran online “SAWITKITA” ini dapat digunakan melalui gadget android. Soft launching platform ini akan dilakukan dalam webinar bertemakan “Keberlanjutan Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat Melalui Sistem  Informasi dan Komunikasi” pada Rabu (7 Juli 2021). Peserta webinar ini bersifat umum dan bebas biaya (free registrasi).

Webinar  ini menghadirkan pembicara antara lain Ir. R. Anang NS Moeljono, MEM. (Dir Pangan & Pertanian, Kemen PPN/Bappenas), Heru Tri Widarto, S.Si, M.Sc. (Dir Tan Tahunan & Penyegar, Kementan), Irfan Bakhtiar, S.Hut., M.Si (KEHATI), Dr. Ir. Herry Wirianata. MS. (Dosen INSTIPER)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like