Industri Minyak Sawit Indonesia Menuju 100 Tahun NKRI Membangun Kemandirian Ekonomi Dan Pangan Secara Berkelanjutan (Bagian XLVIII)

Produksi dan Konsumsi Biodiesel Amerika Selatan. Perkembangan biodiesel di Amerika Selatan berkembang sejak tahun 2006, dengan pangsa sebesar 25,2%. Tahun 2006, produksi biodiesel Amerika Selatan adalah 4,6 juta kilo liter. Laju produksi biodiesel Amerika Selatan adalah 4,4% per tahun dan laju pertumbuhan konsumsi meningkat 6,8% per tahun. Pada tahun 2005 sampai dengan 2011 Amerika Selatan tumbuh menjadi negara eksportir, dimana volume produksi lebih besar dari konsumsi.

Biodiesel and Diesel Prices ($/Liter). Harga biodiesel (B100) maupun minyak solar (fossil fuel) memiliki korelasi yang cukup erat. Keduanya menunjukan adanya fluktuasi sepanjang waktu. Secara Umum, harga biodiesel relatif lebih mahal dibandingkan dengan minyak solar, namun pada Januari 2014 harga fossil fuel relatif lebih mahal dibandingkan dengan harga biodiesel (B100). Hal ini memberikan dampak positif bagi pengembangan biodiesel di masa mendatang.

Pengunaan surfactan global mencakup produk pembersih, agrochemicals, perminyakan, industri cat, tektil dan kulit, kertas pelimer emulis, plastik, pangan, kosmetik, kontruksi dan bahan peledak. Diantara produk tersebut, pasar utama surfactan terbesar adalah industri pembersih dengan pangsa 62,9% dan 8,4% untuk industri tektil dan kulit. Sedangkan pasar terbesar produk personal care dunia adalah untuk personal cleaning product (42%), shampoo 38% dan conditioner 20%.

Sumber : GAPKI

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like