Industri Minyak Sawit Indonesia Menuju 100 Tahun NKRI Membangun Kemandirian Ekonomi Dan Pangan Secara Berkelanjutan (Bagian XLIV)

Perkembangan Produksi Oleokimia Global

Produksi fatty acid global di dominasi Asia baik pangsa maupun pertumbuhan, sedangkan di Eropa dan Amerika cenderung turun. Hal ini juga sesuai dengan fenomena industri oleokimia global mutakhir dimana di kawasan Eropa dan Amerika industri oleokimia adalah tergolong sunset industry sementara di kawasan Asia industri tersebut tergolong the rising industry.

Dengan karateristik pertumbuhan industri oleokimia di Eropa, Amerika dibanding dengan di kawasan Asia yang demikian, volume produksi fatty alcohol global di dominasi Asia baik pangan maupun pertumbuhan, sedangkan di Eropa dan Amerika cenderung turun. Realisasi maupun proyeksi produksi oleokimia global yang makin besar di kawasan Asia makin membuktikan bahwa masa depan industri oleokimia global akan berada di Asia. Pertumbuhan ekonomi dua negara besar Asia (India dan China) yang merupakan 50% penduduk dunia, merupakan pasar yang potensial dan menarik industri oleokimia global.

Industri Pengguna Produk Oleokimia Global

Pasar utama fatty acid adalah industri sabun dan detergen. Sekitar 30% pangsa fatty acid adalah untuk industri sabun dan detergen, bahan baku industri lain/barang antar (18%), industri plastik (14%) dan sisanya untuk kebutuhan industri lainnya.

Sumber : GAPKI

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like