Industri Minyak Sawit Indonesia Menuju 100 Tahun NKRI Membangun Kemandirian Ekonomi Dan Pangan Secara Berkelanjutan (Bagian XLII)

Perkembangan Mutakhir Industri Oleokimia Dunia

Dalam industri oleokimia global dikenal tiga oleokimia dasar (basic chemikal) yakni: fatty acid, fatty alcohol dan glycerol. Kapasitas produksi oleokimia dunia meningkat dari tahun ke tahun. Kapasitas produksi terbesar berada di Asia, khususnya se Asia, India dan China. Kapasitas produksi fatty acid Eropa dan North Amerika cenderung stabil dengan kecenderungan turun, sedangkan di kawasan Asia meningkat cepat.

Pada tahun 2012, kapasitas produksi fatty acid Asia mencapai 5,7 juta ton. Produksi terbesar adalah Malaysia, 1,95 juta ton (34,21%) dan China 1,83 juta ton (32,11%). Produksi Indonesia adalah 300.000 ton atau 5,26%. Hal ini merupakan tantangan industri hilir persawitan Indonesia di masa mendatang.

Pada tahun 2011, kapasitas produksi fatty alcohol dunia terbesar di Asia (31%) dan China (20%) dan masih lebih besar dibandingkan dengan Eropa (23%) dan Amerika Utara (15%). India juga termasuk salah satu produsen fatty alcohol, dengan pangsa produksi 4%.

Sumber : GAPKI

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like