Industri Minyak Sawit Indonesia Menuju 100 Tahun NKRI Membangun Kemandirian Ekonomi Dan Pangan Secara Berkelanjutan (Bagian LV)

Kondisi ini agak mengherankan mengingat BUMN merupakan pioner dalam industri minyak sawit Indonesia. Bahkan keberhasilan dan keyakinan investasi pada industri minyak sawit yang kini dinikmati perusahaan perkebunan swasta maupun perkebunan rakayat belajar dari BUMN perkebunan (PTPN Sawit). Dengan kondisi yang demikian pangsa BUMN perkebunan dalam luas areal total perkebunan sawit Indonesia hanya berkisar 8-10%.

Perkebunan kelapa sawit swasta mengalami peryumbuhan yang relatif cepat selama periode 1990-2013yakni sekitar 25% per tahun. Namun demikian laju pertumbuhan areal perkebunan kelapa sawit swasta cenderung melambat dari sekitar 45% selama priode 1990-2000 turun menjadi sekitar 20% selama periode 2000-2013.

Beberapa provinsi yang tercepat pertumbuhan areal antara lain Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan. Provinsi-provinsi sentra sawit tradisional seperti Sumatera Utara dan Riau pertumbuhan perkebunan sawit swasta masih relatif tinggi. Dengan pertumbuhan luas perkebunan swasta yang demikian pangsanya mengalami peningkatan dari sekitar 30% tahun 1980 menjadi sekitar 50%, atau naik sebesar 20% selama 20 tahun terakhir.

Sumber : GAPKI

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like