Industri Minyak Sawit Indonesia Menuju 100 Tahun NKRI Membangun Kemandirian Ekonomi Dan Pangan Secara Berkelanjutan (Bagian LI)

Dimasa yang akan datang dinamika industri oleokimia global yang demikian diperkirakan masih akan berlangsung sesuai dengan perkembangan kompetisi global. Penguasaan bahan baku dan pasar produk akhir diperkirakan menjadi penentu strategi industri oleokimia untuk tetap survive ke depan.

EVALUASI PERKEMBANGAN MUTAKHIR INDUSTRI MINYAK SAWIT INDONESIA

Kegiatan ekonomi industri minyak sawit (supply chain) dimulai dari industri pembibitan, perkebunan kelapa sawit, pengelolaan TBS menjadi CPO dan pengolahan CPO lebih lanjut menjadi produk turunan baik setengah jadi (seperti oleokimia) maupun produk jadi (seperti minyak goreng, biodiesel, sabun, shampo, pelumas dan lain-lain.

Industri Pembenihan Kelapa Sawit

Mata rantai yang paling hulu dari pada industri minyak sawit adalah industri pembibitan. Industri pembenihan merupakan industri cetak biru (blue print) dari rantai pasok minyak sawit. Cetak biru sifat-sifat ekonomis kelapa sawit seperti produktivitas dan rendemen minyak dimulai pada industri pembenihan.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Putuskan PTPN V Serahkan Lahan Ke Masyarakat Adat Senama Nenek

Sumber : GAPKI

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like