Industri Minyak Sawit Indonesia Menuju 100 Tahun NKRI (Bagian XCXXVII)

Peran Industri Minyak Sawit Dalam Perekonomian Indonesia

Perkebunan kelapa sawit sebagai bagian dari pertanian tanaman telah lama dikenal memiliki multi fungsi (multifunctionnality of agriculture) ykni secra ekonomi, sosial dan ekologis. Berkembangnya perkebunan kelapa sawit berarti juga menambah manfaat ekonomi, sosial dan ekologis bagi masyarakat.

Kontribusi Persawitan Indonesia Dalam Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi merupakan hal yang esensial dalam pembangunan. Pertumbuhan ekonomi baik sektoral, daerah, industri, maupun pada tingkat perusahaan berarti pertumbuhan produksi barang/jasa, pertumbuhan pendapatn, pertumbuhan kesempatan kerja, dan pertumbuhan penggunaan input. Pertumbuhan ekonomi merupakan syarat mutlak bagi peningkatan pendapatan, pengurangan pengangguran dan pengentasan kemiskinan (ADB 2001, 2006).

Berapa besar dampak pertumbuhan suatu sektor terhadap perekonomian lokal, regional maupun nasional tergantung pada keterkaitan (linkages)dan besaran multiplier pertumbuhan sektor itu input – outputsuatu sektor dengan sektor lain relatif luas. Sehingga pertumbuhan yang terjadi pada sustu sektor akan menarik pertumbuhan sektor-sektor lainnya.

Sumber : GAPKI

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like