Industri Minyak Sawit Indonesia Menuju 100 Tahun NKRI (Bagian XCXI)

tes caption
tes caption

Perkembangan Harga CPO Dunia

Perkembangan harga CPO dunia tertinggi terjadi pada bulan Februari 2011 dengan harga US$ 1.248/ton dan rata-rata tahun 2011 sebesar US$ 1.076/ton. Pola pergerakan harga bulanan CPO dunia cenderung fluktuatif namun ada kecenderungan bahwa harga CPO dunia meningkat dari bulan Januari ke bulan Desember setiap tahun. Pada triwulan pertama harga bergerak naik, pada triwulan kedua pola pergerakan harga membentuk para bola dengan puncak harga pada bulan Mei. Pada triwulan ketiga harga CPO cenderung turun dan memasuki triwulan keempat (September) kembali merangkak naik.

Variasi harga bulanan (koefisien variasi) berkisar antara 3%  sampai 32%, hal ini menunjukan bahwa tingkat risiko dari pergerakan harga CPO bulanan cukup besar. Bila dibandingkan pola pergerakan harga tahunan antara CPO dengan minyka mentah dunia, menunjukan bahwa pola kedua minyak tersebut hampir sama. Ketika harga minyak mentah dunia mengalami kenaikan, harga CPO dunia juga naik. Demikian sebaliknya, ketika harga minyak mentah dunia turun (tahun 2008) harga CPO dunia juga turun. Fenomena ini menunjukan bahwa minyak mentah CPO (dalam pasar oeokimia dunia) adalah bersifat substitusi.

Jika harga minyak mentah naik, masyarakat dunia mengurangi penggunaan minyak mentah sebagian beralih ke CPO sehingga harga CPO naik. Demikian sebaliknya, tentu saja hal ini hanya berlaku pada pasar oleokimia misalnya biofuel vs petrofuel, biolubricant vs petro lubricant, bioplastic vs petro plastic dan lainnya. Pada pasar oleofood dunia seperti minyak goreng dan mentega hubungan substitusi tersebut tidak berlaku. Pada pasar oleofood substitutsi CPO adalah minyak nabati lainnya.

Sumber : GAPKI

No tags for this post.

Related posts

You May Also Like