Industri Minyak Sawit Indonesia Menuju 100 Tahun NKRI (Bagian LXXIII)

Perkembangan Produksi Oleokimia Dasar Indonesia

Produksi oleokimia dasar di Indonesia cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun baik fatty acid, fatty alcohol, maupun glycerol. Pangsa fatty acid merupakan yang tertinggi dalam produksi oleokimia Indonesia setiap tahun.

Perkembangan Volume Ekspor Fatty Acid. Volume dan nilai ekspor fatty acid, Indonesia juga cenderung meningkat dari tahun ke tahun meski tengah fluktuasi pada tahun tertentu. Negara tujuan ekspor utama fatty acid Indonesia adalah Eropa, India, dan Asia lainnya. Pangsa fatty acid ke China dan Asia lainnya juga bertumbuh dengan pangsa yang meningkat.

Perkembangan Volume Ekspor Glycerol. Volume dan nilai ekspor glycerol Indonesia juga mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Negara tujuan ekspor utama glycerol adalah China, Asia dan Amerika Serikat, dengan pangsa yang makin besar (bertumbuh). Sedangkan negara tujuan ekspor glycerol ke Jepang pangsanya cenderung turun.

Perkembangan Volume Ekspor Fatty Alcohol. Volume dan nilai ekspor fatty alcohol secara konsisten meningkat dari tahun ke tahun. Negara tujuan utama ekspor fatty alcohol Indonesi mencakup China, Asia lain, Amerika Serikat, Afrika dan Belanda. Pangsa ekspor fatty acid alcohol ke Belanda dan Asia lainnya bertumbuh sangat cepat.

Sumber : GAPKI

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like