Industri Minyak Sawit Indonesia Menuju 100 Tahun NKRI (Bagian LXVII)

Bila dibandingkan dengan kenaikan produksi minyak goreng dimana secara konsisten produksi meningkat dari tahun ke tahun, dengan kecenderungan pangsa untuk ekspor yang menigkat tersebut, berarti tujuan utama peningkatan produksi minyak goreng adalah untuk meningkatkan ekspor dan bukan untuk sekedar memenuhi kebutuhan domestik. Orientasi produksi yang demikian dimungkinkan antara akibat kenaikan harga minyak goreng di pasar internasional khususnya setelah tahun 2005.

Kecenderungan peningkatan ekspor dari produksi minyak goreng nasional, secara ekonomi menguntungkan Indonesia. Nilai tambah yang diperoleh melalui besar dari pada bila mengekspor CPO. Selain itu, kecenderungan yang demikian mencerminkan bahwa pasar ekspor lebih menarik bagi produksi minyak goreng  dari pada pasar domestik.

Industri hilir minyak goreng sawit yang pertama dan tertua dalam agribisnis minyak sawit adalah industri minyak goreng. Di Indonesia, sebelum industri minyak goreng sawit berkembang , industri minyak kelapa sudah terlebih dahulu berkembang dan menjadi sumber utama minyak goreng di Indonesia. Dengan semakin langkanya bahan baku kelapa/kopra di satu pihak dan makin tersedia minyak sawit, secara bertahap sebagian besar industri minyak kelapa beralih kepada industri minyak goreng sawit.

Sumber : GAPKI

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like