Industri Minyak Sawit Indonesia Menuju 100 Tahun NKRI (Bagian CLXXX)

Visi dan Misi Industri Minyak Sawit Indonesia 2050

Visi 2050, Menjadikan Indonesia sebagai produsen terbesar CPO dan produk hilir minyak sawit dunia secara berdayasaing dan berkelanjutan

Misi 2050

  1. Meningkatkan produksi CPO khususnya melalui peningkatan produktivitas CPO per hektar.
  2. Mempercepat hilirisasi di dalam negri baik industri oleopangan, oleokimia dan turunannya (pelumas, surfaktan, dll), detergen dan sabun serta biodiesel.
  3. Melakukan perbaikan terus menerus tata kelola industri minyak sawit yang berkelanjutan.
  4. Mengembangkan kebijakan industri minyak sawit yang kompetitif dan kerkelanjutan.

Roadmap Hilirisasi

Indonesia tetu tidak berhenti tidak berhenti pada posisi sebagai produsen CPO terbesar dunia seperti yang telah dicapai sejak tahun 2006, namun inggin naik kelas menjadi negara produsen terbesar dunia dalam olein (minyak goreng, margarin dan shortening), detergen dan sabun, biodiesel, dan produk turunan oleokimia seperti pelumas, surfaktan, dan lain-lain.

Oleh sebab itu menuju tahun 2050 Indonesia akan mempercepat dan memperluas hilirisasi CPO di dalam negeri  memiliki manfaat ganda seperti peningkatan nilai tambah dalam negeri, merubah struktur ekspor industri minyak sawit kearah dominasi hilir bernilai tambah tinggi dan memperkuat bergaining position Indonesia dipasar global. Hilirisasi yang makin luas didlam negeri akan mrengurangi ketergantungan Indonesia pada pasar CPO global.

Sumber : GAPKI

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like