JAKARTA, SAWIT INDONESIA – PT Indotruck Utama selaku distributor resmi salah satu alat berat premium pabrikan Cina memperkenalkan produk terbaru yaitu Ekskavator SDLG tipe E6210F kapasitas 20 ton dan E6550F kapasitas 50 ton. Yang didedikasikan untuk segmen market perkebunan, konstruksi dan pertambangan.

Direktur Utama, PT Indotruck Utama (ITU), Bambang Prijono mengatakan Selama 10 tahun terakhir, sesuai arahan dari Volvo Group, untuk produk SDLG kami baru mengenalkan compact mesin. Jadi alat-alat yang kecil.

“Untuk tahun ini kita masuk ke segmen medium. tepat di hari ini (Kamis, 7 Juli 2022), pihaknya memperkenalkan Ekskavator SDLG kapasitas 20 ton dan kapasitas 50 ton untuk masuk ke segmen yang lebih besar yaitu pertambangan dengan ekskavator 50 ton,” ujarnya, pada Kamis (7 Juli 2022).

Selanjutnya, Bambang mengatakan dari tiga segmen pasar yang menjadi sasaran yaitu Plantation, Construction dan pertambangan. Ini adalah tiga sektor yang menjadi lokomotif pembangunan dan perkembangan di Indonesia karena menyumbang kurang lebih 35% dari national Gross Domestic Bruto (GDB).

“Oleh karena itu, kami meyakini bahwa Indotruck Utama telah memiliki strategi yang benar, berada di bisnis yang tepat karena alat berat ini terus mendukung terkait dengan kehidupan sehari-hari karena menyangkut pangan dan energi,” lanjutnya, saat memberikan sambutan sebelum peluncuran produk (Ekskavator SDLG).

Indonesia adalah market yang sangat penting bagi hampir semua merek alat berat, karena Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat besar seperti batubara, mineral (nikel, bauksit, emas) hingga perkebunan yang cukup luas, salah satunya kelapa sawit. Bahkan, saat ini Indonesia menjadi produsen terbesar kelapa sawit dengan produktivitas mencapai 49 ton/tahun, dengan 70% untuk ekspor.

“Selain itu, Indonesia juga menjadi eksportir terbesar batubara dan untuk nikel, Indonesia memiliki nikel yang cukup besar, 30% nikel di dunia diproduksi di Indonesia. Sehingga tidak heran, Indonesia menjadi magnet yang kuat bagi produsen alat berat, banyak alat berat masuk ke Indonesia,” jelas Bambang.

Sebagai informasi, PT Indotruck Utama (ITU) adalah dealer dan distributor resmi produk SDLG. Sejak 2011, ITU ditunjuk oleh Volvo Group untuk menjadi dealer Volvo CE dan SDLG. Kemudian pada 16 Maret 2020 ditunjuk menjadi Soul dealer atau Soul Distributor untuk kedua produk Volvo Constuctoin Eqiupment (CE) dan SDLG untuk menangani area Jawa, Sumatera, Jawa, Bali, NTB hingga Papua. Kini, Indotruck Utama sudah dipercaya untuk menangani seluruh area Indonesia.

Dikatakan Bambang, pihaknya mulai menjadi distributor Volvo Truck pada 1988 dan berlangsung hingga saat ini. “Berawal dari Volvo Truck kami terus mengalami perkembangan sehingga kami diberi kepercayaan yang lebih besar oleh Volvo Group dengan produk yang ada di portofolio Volvo Group di antaranya Volvo Bus, Volvo Constuctoin Eqiupment (CE) dan alat berat dari China yaitu SDLG, yang hari ini kita perkenalkan yaitu Excavator dengan tipe E6210F dan E6550F,” pungkas Bambang.

Seperti diketahui, dibagun pada 1972, Shandong Lingong Construction Machinery (SDLG) memiliki visi untuk menjadi produsen mesin konstruksi terkemuka dan bertaraf internasional. SDLG telah membangun brand yang direkomendasikan dalam mesin konstruksi. Kini, SDLG siap menciptakan masa depan yang lebih baik dengan produk dan layanan yang dapat diandalkan. SDLG memiliki misi bahwa kreativitas mampu membangun dunia yang baru. Oleh karena itu, SDLG menyediakan berbagai layanan berkualitas untuk mendukung kelancaran bisnis Anda.

SDLG memiliki sistem pengendali mutu yang sangat baik untuk mempertahankan kualitas emas produk-produknya. Hal ini mengantarkan SDLG untuk meraih penghargaan bintang tujuh dari European Foundation for Quality Management (EFQM) pada 2019. Selain itu, SDLG juga berhasil meraih berbagai penghargaan lainnya, di antaranya adalah Deming Prize, Malcolm Baldrige Quality Award, dan European Quality Award. Ketiga penghargaan tersebut merupakan penghargaan terbaik dunia di bidang pengendalian mutu.

Share.