Implementasi Kebijakan Menteri ESDM

Bagian II

Kebijakan teknis dan uji cpemanfaatan BBN (B-20), uji jalan (road test) B-20 dilakukan dalam rangka mendukung mandatori BBN yaitu implementasi B-20 pada tahun 2016 seperti yng tertuang dalam Permen ESDM No. 32 tahun 2008, sebagaimana telah di ubah dengan Permen ESDM No. 20 tahun 2014. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara kementerian ESDM, Badan Pengkajian dan Penerapanan Teknologi, PT. Pertamina, Abrobi, Gaikindo, Hino, Apkasindo dan Hinabi. Output dari kegiatan ini adalah tersediannya dokumen teknis penggunaan BBN (B-20) pada mesin kendaraan bermotor dan alat berat, serta tersedianya rekomendasi teknis yang diperlukan sehingga pemanfaatan B-20 pada tahun 2016, tidak berdampak negatif pada mesin.

Baca Juga :   Anak Usaha BGA Bangun Jalan Sepanjang 9,2 Km

Hasil yang diperoleh dari uji B-20 adalah sebagai berikut :

  • Terjadi peningkatan konsumsi bahan bakar sekitar 3% dan penurunan daya sekitar 2% pada kendaraan berbahan bakar B-20 dibandingkan B-0.
  • Pada kendaraan yang mengunakan B-20, terjadi peningkatan daya pada setiap kenaikan 10.000Km.
  • Hasil uji pada kendaraan lama sempat terjadi clogging/penyumbatan pada filter bahan bakar, satu pada Km 5.000 dan satunya pada Km 7.500, sehingga untuk antisipasi inplementasi B-20 khususnya pada kendaraan lama jumlahnya lebih dari 4 juta unit perlu dilakukan secara bertahap.

Sumber: GAPKI

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like