Hino Always With YOU Berikan Banyak Kemudahaan Bagi Customer di Masa Pandemi

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memperkuat layanan jual melalui beragam paket promo kepada konsumen. Strategi ini ditujukan meningkatkan penjualan di masa pandemi Covid-19.

Hampir seluruh sektor bisnis terimbas pandemi Covid-19 yang terjadi sejak pertengahan Maret 2020, tak terkecuali sektor bisnis otomotif. Karenanya, penjualan kendaraan niaga merek Hino di sektor perkebunan juga mengalami penurunan.

Data dari internal Hino menunjukkan penjualan di semester 1 2020, penjualan Hino di sector perkebunan sekitar 350 unit. Jumlah ini lebih sedikit akibat pandemi Covid-19, jika dibanding 2019 lalu yang jumlahnya sekitar 700 unit.

Untuk itu, sebagai upaya meningkatkan penjualan unitnya, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memiliki strategi yang disiapkan dan dijalankan di masa pandemik covid-19.

Chief Operating Officer (COO), PT Hino Motors Sales Indonesia, Santiko Wardoyo menjelaskan hal paling utama yang dijalankan yaitu memberlakukan protokol kesehatan di semua jaringan Hino. “Seperti wajib pengunaan masker, jaga jarak, penyediaan tempat cucitangan & hand sanitizer serta pengecekan suhu tubuh,” jelas Santiko dalam keterangan tertulis yang diterima tim redaksi Majalah Sawit Indonesia.

“Selain itu kegiatan tatap muka juga dikurangi dengan banyak menggunakan aplikasi online conference. Termasuk shifting 50% karyawan yang masuk. Semua ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID 19 ini,” lanjutnya.

Pemanfaatan teknologi digital bagi pelaku bisnis menjadi alternatif untuk menawarkan produk. Hal ini juga dilakukan pihak HMSI. Sementara untuk penjualan, kendati tanpa harus bertemu langsung. ‘Kami sudah melakukan kerja sama dengan Toko pedia, membuka Hino Official Store, yang memudahkan konsumen untuk memilih dan membeli truk Hino kapan pun dan dimana pun. Begitu pun dengan suku cadang, saat ini bisa di beli via online juga di Hino Official Store melaluie-commerce Monotaro ID,” terang Santiko.

Tidak hanya itu, sebagai bentuk dukungan penuh kepada seluruh konsumen HMSI memberikan promo baik sales dan after sales. Untuk program penjualan (sales), Hino Motor memberikan program DP Ringan mulai dari Rp15 juta atau cicilan mulai dari Rp 5 juta. Konsumen dapat memilih gratis cicilan sampai 3 bulan (syarat & ketentuan berlaku).

HMSI saat ini juga memiliki progam – program service dengan harga yang terjangkau namun tetap dengan kualitas terbaik Hino. “Program sales dan after sales yang kami luncurkan disituasi seperti ini guna membantu bisnis konsumen berjalan lebih mudah. Karena sama – sama diketahui efek dari pandemi Covid-19 ini cukup besar terhadap perekonomian,” kata Santiko.

Terkait dengan layanan purna jual yang dimiliki HMSI di tengah mewabahnya Covid-19 sejak Maret lalu, aktivitas dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara, untuk layanan purna jual di antaranya setiap kendaraan yang masuk ke area service bay disemprot disinfektan terutama pada bagian yang sering disentuh. Ruang tunggu service juga sudah ditata dengan mengutamakan jaga jarak min 1 Meter. Selain itu bagi customer yang ingin tetap berada dilokasinya, bisa memanfaatkan layanan mobile service di dealer Hino.

Dan, yang tak kalah menarik di masa pandemiCovid, HMSI memberikan beragam promo. Untuk service kendaraan Diskon 30% untuk suku cadang dan penggantian battery HMSI Original Part (HOP), Diskon 20% untuk jasa perbaikan, Gratis Filter Oli, Gratis Jasa Ganti Oli, dan Gratis Pengecekan kondisi kendaraan yang stop saat PSBB. Selain itu, HMSI juga menawarakan banyak paket service campaign seperti Paket Perawatan, Paket Komponen Listrik, dan Paket Kopling, (syarat & ketentuan berlaku).

“Kami juga memberikan perpanjangan masa garansi bagi kendaraan Hino sampai 6 bulan kedepan, bagi unit customer yang ingin claim namun masih berlaku PSBB di wilayahnya sehingga tidak bisa keluar,” ujar Santiko.

Selain itu, untuk menigkatkan skill, pihak HMSI juga memberikan pelatihan gratis bagi pengemudi dan mekanik customer secara virtual dalam rangka aktivitas di masa Kenormalan baru.

Untuk mendukung after sales dan memudahkan konsumen, saat ini HMSI memiliki 179 Jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Dan, memiliki 1 Part Center dan 5 part depo yang tersebar di Medan, Surabaya, Banjarmasin, Makasar, Balikpapan. Serta lebih dari 3.468 part shop untuk menjaga ketersediaan suku cadang diseluruh Indonesia.

Beragam varian unit di sektor sawit

Beragam varian produk kendaraan niaga merek Hino yang sangat aplikatif di segala sektor, tak terkecuali di  sektor perkebunan sawit. Di segmen bisnis perkebunan sawit berbagai macam aplikasi turunan bisnis dari industri kelapa sawit, varian produk Hino juga banyak digunakan. “Seperti untuk truk tangki minyak mentah sawit atau Crude Palm Oil (CPO) Hino memiilki Hino Ranger FL 260 JT dan FG 235 JL, sementara untuk membawa buahnya Hino memiliki Hino Ranger FG 235 JP dan FG 235 JJ,” ujar Santiko.

Selain truk medium Hino Ranger. Lanjut, Santiko tipe yang paling laris yang dimiliki Hino untuk perkebunan sawit adalah truk kecil Hino Dutro. “Tipe yang utama untuk bisnis ini adalah Hino Dutro HD series yang sangat tangguh dan lincah di perkebunan seperti Hino Dutro 130 HD dan Hino Dutro X Power baik itu dengan PTO atau Non PTO,” lanjutnya.

Selain itu, pihak Hino juga memberikan solusi lain bagi pengusaha perkebunan sawit yang kerap menghadapi kendala di perkebunan yang licin dan berlumpur. Hino memiliki unit andalan yaitu Hino Dutro 130 HD dengan Limited Slip Differential (LSD). “Produk yang satu ini di desain dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar terutama di perkebunan dengan kontur tanah yang tidak stabil, licin dan berlumpur yang menjadi kendala bagi perusahaan perkebunan sawit saat menghadapi musim panen raya,” kata Santiko.

(Selengkapnya dapat di baca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 106)

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like