Herman Tandinata, Production Director of Musim Mas PROPER Wujud Penerapan Keberlanjutan Musim Mas

Komitmen Musim Mas sangat kuat dalam pengelolaan lingkungan dan tata kelola sawit yang berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan visi dan misi perusahaan semenjak awal berdiri. Penghargaan PROPER 2018 akan meningkatkan efisiensi penggunaan sumberdaya dan peningkatan kapasitas tim untuk terus melakukan inovasi dan terobosan pada seluruh kegiatan operasional yang diharapkan menjadi praktek kerja yang baik di lingkungan perusahaan.

 Salah satu terobosan perusahaan adalah mengelola 14 pembangkit listrik tenaga biogas berkapasitas 32 MW.  Kehadiran pembangkit biogas ini mampu menekan emisi karbon sebanyak 600.000 ton CO2eq per tahun.

 Berikut ini petikan wawancara kami dengan Herman Tandinata, Production Director of Musim Mas, untuk mendapatkan perkembangan terbaru penerapan sawit yang ramah lingkungan dan bertanggungjawab. Sejumlah pertanyaan yang kami ajukan dijawab melalui korespondensi via email:

 Bagaimana komitmen dan upaya Musim Mas menjalankan pengelolaan lingkungan hidup di kegiatan operasional bisnisnya?

Musim Mas telah berkomitmen kuat terhadap pengelolaan lingkungan hidup dengan menetapkan  Sustainability Policy (Kebijakan Keberlanjutan) Musim Mas. Kami berkomitmen untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, mempromosikan dampak lingkungan yang positif dan sepenuhnya mematuhi peraturan lokal dan internasional.

Kami percaya bahwa strategi terbaik untuk memastikan kesuksesan yang berkelanjutan dengan melakukan bisnisnya secara bertanggung jawab sosial, lingkungan dan ekonomi di seluruh operasi global termasuk dengan semua pemasoknya. Dengan komitmen ini, kami yakin implementasi kebijakan keberlanjutan dapat memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan dan masyarakat.

Apakah baru tahun 2018 ada 11 anak usaha Musim Mas  di sektor sawit yang mendapatkan PROPER Hijau ? Atau sudah ada yang pernah mendapatkannya ?

Untuk sektor sawit, kami meraih PROPER Hijau pertama yang diterima oleh operasional pabrik kelapa sawit Group Musim Mas. Dari 18 perusahaan sawit yang berhasil memperoleh Penghargaan PROPER Hijau 2018, 11 diantaranya  anak usaha Musim Mas.

Apakah target meraih PROPER semenjak awal 2018 telah menjadi target operasional dalam bisnis perusahaan?

Penghargaan PROPER menjadi salah satu target penting dalam operasional Group Musim Mas sebagai bentuk wujud komitmen terhadap kebijakan keberlanjutan. Sejak 2010, penghargaan PROPER (Peringkat Biru) telah berhasil diraih oleh salah satu anak perusahaan dan kemudian diikuti oleh anak perusahaan lainnya pada tahun–tahun berikutnya.

Tantangan apa yang dihadapi perusahaan dalam menjalankan PROPER  ?

 PROPER Biru merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang mencerminkan bahwa perusahaan telah memenuhi kewajibannya dalam melakukan upaya pengelolaan lingkungan sesuai dengan ketentuan atau peraturan perundang–undangan yang berlaku.

Sedangkan, PROPER Hijau merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan atas upaya-upaya lebih dari yang dipersyaratkan, yang dilakukan perusahaan  dalam pengelolaan lingkungan (beyond compliance), sehingga tantangan terbesar dalam memperoleh penghargaan PROPER  Hijau adalah selalu mencari dan menerapkan terobosan terbaru dalam upaya pengelolaan lingkungan dan pemanfaatan sumber daya secara efisien serta melaksanakan tanggung jawab sosial dengan baik.

Apakah dampak PROPER Hijau ini terhadap kegiatan bisnis perusahaan ?

Dampak keberhasilan mendapatkan PROPER Hijau terhadap kegiatan bisnis perusahaan adalah meningkatnya efisiensi penggunaan sumberdaya dan peningkatan kapasitas tim kami untuk terus melakukan inovasi dan terobosan pada seluruh kegiatan operasional yang diharapkan tetap menjadi praktek kerja yang baik di lingkungan perusahaan.

Kami akan terus termotivasi untuk memunculkan ide baru dalam melakukan perbaikan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan pengelolaan lingkungan dan memberikan  dampak positif terhadap hak-hak dan kesejahteraan masyarakat asli, masyarakat lokal dan pekerja.

Mohon dijelaskan, apa saja program tata kelola lingkungan yang dijalankan perusahaan pada tahun ini ?

Musim Mas berkomitmen untuk mempromosikan dampak lingkungan yang positif dengan menjalankan program tata kelola lingkungan yang mencakup aspek Sistem Manajemen Lingkungan (SML), Efisiensi Energi, Penurunan Emisi, 3R Limbah B3, 3R Limbah Padat Non B3, Efisiensi Air, Keanekaragaman Hayati, dan Pemberdayaan Masyarakat.

Sampai tahun ini, sudah berapa jumlah PLTBg yang dikelola Musim Mas ? Berapa jumlah emisi karbon yang dapat dihemat dari seluruh PLTBg tadi ? Dan berapa kapasitas terpasang yang ada ?

Sampai akhir 2018, Group Musim Mas mengoperasikan 14 (empat belas) unit Biogas Plant dengan bahan baku limbah cair Pabrik Kelapa Sawit, dan 10 (sepuluh) unit diantaranya telah melakukan kerjasama interkoneksi dengan pihak PLN. Total jumlah emisi karbon yang dapat dihemat dari 14 unit Biogas Plant adalah ± 600.000 ton CO2eq per tahun. Total kapasitas terpasang dari 14 unit Biogas Plant adalah 32 Megawatt.

 

64 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like