Harga CPO Global Bergerak Positif

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Harga Crude Palm Oil (CPO) global merangkak naik bulan kedua pada 2019 kembali bergerak positif. Hal ini ditunjukkan kenaikan re
rata bulanan sebesar 5%, dari US$ 530,70 per metrik ton di Januari meningkat US$ 556,50 per metrik ton. Pada Februari harga CPO global beranjak mulai dari US$ 542,50-US$ 572,50 per metrik ton.

“Naiknya harga CPO global didorong berkurangnya stok minyak sawit di Indonesia dan Malaysia serta minyak nabati lain di beberapa negara produsen,” jelas Mukti Sardjono, Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), dalam siaran pers yang diterima redaksi.

Mukti juga menambahkan dalam keterangan tertulisnya terkait kinerja ekspor minyak sawit Indonesia pada bulan Februari lalu, mulai dari CPO dan produk turunannya, biodiesel dan oleochemical, tercatat mengalami penurunan lebih dari 11% dibandingkan dengan bulan sebelumnya (3,25 juta ton di Januari turun menjadi 2,88 juta ton di Februari). Penurunan volume ekspor disebabkan antara lain karena bulan Februari lebih pendek dari Januari.


Untuk volume ekspor CPO, PKO dan turunannya saja (tidak termasuk oleochemical dan biodiesel) turun hampir 11% dari 3,1 juta ton di Januari menurun 2,77 juta ton di Februari. Dari total ekspor Februari terdiri dari CPO 852,30 ribu ton dan sisanya adalah produk turunannya.

14 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like