Gubernur Kalsel Serahkan Penghargaan Kepada 5 Perusahaan Anggota GAPKI

BANJARBARU, SAWIT INDONESIA – Pemerintah provinsi Kalimantan Selatan memberikan penghargaan kepada lima perusahaan anggota Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) di Kalimantan Selatan. Kelima perusahaan dinilai berperan aktif mencegah kebakaran lahan dan hutan sebagai upaya membantu pemerintah setempat.

Penghargaan diserahkan langsung Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam apel peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2019 dan Apel Siaga Bencana Karhutla di halaman kantor Setdaprov Kalsel, di Banjarbaru, Jumat kemarin.

“Penghargaan ini diberikan karena perusahaan sangat aktif dalam upaya penanggulangan karhutla maupun bencana lainnya serta kepedulian masyarakat,” ujar Gubernur Sahbirin dalam kegiatan tersebut.

Lima perusahaan itu adalah PT Tri Buana Mas Kabupaten Tapin-Batola, PT Buana Karya Bakti Tanah Bumbu, PT Gawi Makmur Kalimantan Tanah Laut, Smart Tbk TalaTanbu dan PT Kodeco Agro Jaya Mandiri, Tanbu.

Gubernur menjelaskan kelima perusahaan yang bergerak di bidang kelapa sawit layak mendapatkan penghargaan karena berperan aktif dalam penanggulangan bencana yang menjadi ancaman setiap daerah.

Ketua GAPKI Kalsel Totok Dewanto menjelaskan asosiasi akan mendorong perusahaan berperan aktif membantu pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla di wilayah sekitarnya.

“Pencegahan dan penanggulangan karhutla merupakan kewajiban kita semua sehingga kami mendorong perusahaan berperan aktif baik melalui sosialisasi maupun tindakan nyata di lapangan,” katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel Wahyuddin mengatakan, pihaknya sangat terbantu atas peran aktif perusahaan anggota GAPKI dalam penanggulangan karhutla. Upaya melakukan pencegahan dilakukan BPBD, bersama TNI dan POLRI serta elemen masyarakat termasuk dari GAPKI Kalimantan Selatan akan bersama-sama mulai dari sekarang melakukan kesiapsiagaan untuk melakukan pencegahan.

“Kami sangat terbantu dan berharap perusahaan anggota Gapki mampu menjadi motor penggerak bagi pihak lainnya berperan mencegah maupun menanggulangi kathulta yang sangat besar dampaknya,” pesan dia.

Perusahaan anggota Gapki selama tiga tahun terakhir, sangat membantu BPBD dalam menyosialisasikan pencegahan karhutla ke masyarakat sehingga kejadian kebakaran berkurang.

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like