Gubernur Kalbar Serahkan Penghargaan Kepada Anggota Gapki

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak pada momen Peringatan Hari Ulang Tahun ke-64 Pemprov Kalbar yang digelar pada Kamis (28/1/2021). Penghargaan-penghargaan tersebut di antaranya diberikan kepada perusahaan perkebunan kelapa sawit yang telah banyak memberikan kontribusi dalam membangun Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalbar, Sutarmidji menghaturkan rasa terimakasihnya terhadap perusahaan perkebunan kelapa sawit yang telah memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Kalbar. Salah satunya, dalam pembangunan dan perbaikan jalan, yang merupakan infrastruktur dasar yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Terima kasih kepada perusahaan yang turut memperbaiki jalan, meski tidak tersentuh aspal tapi tetap bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Mereka (perusahaan, red) yang melakukan usaha di Kalbar, memang semestinya menggunakan dana CSR untuk kepentingan dan percepatan kesejahteraan masyarakat,” ungkap beliau.

Sebanyak 34 perusahaan perkebunan kelapa sawit mendapatkan penghargaan dari Gubernur Kalbar tersebut. Adapun perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut di antaranya, PT Harapan Sawit Lestari, PT Ayu Sawit Lestari, PT Indo Sawit Kekal, PT Andes Sawit Lestari, dan PT Andes Agro Investama, yang merupakan perusahaan sawit di bawah bendera Cargill Group.

Selanjutnya, ada PT Anugrah Palm Indonesia, PT Usaha Agro Indonesia, PT Tebar Tandan Tenerah, dan PT Nusantara Sarana Alam, yang merupakan anak grup Sampoerna Agro. Ada pula PT lingkar Indah Plantation, dan PT Saban Sawit Subur di bawah HPI Group. Ada pula anak perusahaan perkebunan Sinarmas wilayah Kalbar, yakni PT Cahaya Nusa Gemilang dan PT Kencana Graha Permai. Sementara di bawah BGA Group, ada PT Gunajaya Karya Gemilang dan PT Gunajaya Ketapang Sentosa.

Penghargaan juga diraih oleh PT Parma Agromas dan PT Grand Utama Mandiri, yang termasuk LG Group; PT Adau Agro Kalbar dan PT Adau Hijau Lestari yang termasuk Mukti Group; serta PT Rana Wastu Kencana dan PT Bumi Tata Lestari, yang termasuk dalam Agrina Group. Perusahaan lain penerima penghargaan antara lain PT Mitra Saudara Lestari (Group Kalimantan Sawit Kusuma), PT Kalimantan Prima Agro Mandiri (SNA Group), PT Putra Alam Lestari, PT Putra Sawit Lestari, PT Sepanjang Inti Surya Mulia, PT Bonti Permai Jaya Raya (KSP Group), PT Buluh Cawang Plantations (Wilmar Group), PT Ikhtiar Gusti Pudi, PT Satya Nusa Indah Perkasa, PT Gunas Group, PT Limpah Sejahtera (First Resources Group), dan PT Perdana Sawit Plantation.

Diketahui perusahaan perkebunan yang menerima penghargaan tersebut, sebagian besar merupakan anggota Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) cabang Kalimantan barat. Ketua Gapki Kalbar, Purwati Munawir mengpresiasi langkah Pemrov Kalbar yang memberikan penghargaan kepada para perusahaan perkebunan kelapa sawit, khususnya perusahaan anggota Gapki. Baginya, penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi perusahaan sawit untuk mengoptimalkan peran mereka dalam mendorong pembangunan di provinsi ini.

“Komitmen kami perusahaan sawit, sebagaimana harapan Bapak Gubernur Kalbar, adalah percepatan kesejahteraan masyarakat,” tutur dia.

Pihaknya siap mendukung program-program peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dicanangkan oleh Pemprov Kalbar, melalui peningkatan taraf hidup petani sawit, masyarakat di sekitar perkebunan sawit, hingga masyarakat luas pada umumnya. Sumbangsih nyata yang diberikan perusahaan, menurutnya tidak hanya datang dari aktivitas ekonomi perkebunan sawit, namun juga melalui dana-dana tanggung jawab sosial atau corpor ate social responsibility (CSR).

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like