Fasilitasi Pelaku Bisnis Peralatan Laboratorium

LabIndonesia pameran teknologi peralatan laboratorium terbesar di Indonesia, berlangsung  pada 4 – 6 April 2018, di Jakarta Convention Centre (JCC). Mempermudah pelaku industri untuk mendapatkan perkembangan terbaru teknologi dan sarana laboratorium.

Pameran LabIndonesia yang terselenggara selama tiga hari mendapatkan dukungan dari berbagai lembaga antara lain Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Laboratorium Kesehatan DKI Jakarta, Laboratorium Daerah Banten, Balai Laboratorium Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Himpunan Kimia Indonesia (HKI), Responsible Care Indonesia (RCI), Masyarakat Standarisasi Indonesia (MASTAN), Himpunan Profesi Analisis Kimia Indonesia (HIMPAKI), Ikatan Laboratorium Kesehatan Indonesia (ILKI), Badan Standarisasi Nasional (BSN), Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia (PATELKI), Lab Mania dan Singapore Manufacturing Federation (SMF).

Dukungan dari Lembaga dan institusi tersebut menunjukkan dan memperkuat keberadaan LabIndonesia sebagai barometer industri laboratorium di Indonesia. Dan, berpotensi meningkatkan perkembangan teknologi dan pengembangan jejaring kerjasama usaha di antara para pelaku usaha bisnis di bidang alat-alat laboratorium yang lebih luas hingg pasar global.

Pameran tersebut menampilkan instrumentasi, teknologi, produk dan layanan terbaru di semua bidang ilmu analitik dan layanan laboratorium. Ajang ini penting bagi ilmuwan, manajer laboratorium, dosen, mahasiswa, Lembaga penelitian dan pengembangan, manajer control kualitas, ahli kimia dan ahli biokimia, ahli mikrobiologi, direktur, manajer pengadaan dan analis.

Lebih dari 210 peserta pameran dari 13 negara (Indonesia, Australia, Cina, Prancis, Jerman, Hong Kong, India, Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, Taiwan dan Thailand) menyuguhkan produk teknologi di LabIndonesia 2018.

Penyelenggaraan tahun ini, mengalami peningkatan sekitar 18% jumlah peserta pameran. Pameran yang kembali berpartisipasi memiliki keyakinan dan optimis terhadap pasar Indonesia yang lebih besar dan akan terus mengalami perkembangan. Yang perlu dicermati, sebagian besar merek peralatan laboratorium terkenal serta produsen dan distributor peralatan dan layanan terbesar di Indonesia hadir di LabIndonesia 2018.

Managing Director PT ITE Exhibitions Indonesia, Juanita Soerakoesoemah mangatakan LabIndonesia pameran lab terbesar di Asia Tenggara. Sekitar 11.000 pengunjung hadir pada pameran tahun ini.

“Pihaknya memperkirakan tren industri 4.0 masuk pada industri laboratorium Indonesia dalam beberapa tahun mendatang. Konsep industri 4.0 memanfaatkan perkembangan internet dan digitalisasi menjadi kunci mendisrupsi banyak aktivitas ekonomi yang ada saat ini,” kata Juanita.

Lebih lanjut, Juanita menambahkan untuk itu, penting bagi pelaku industri di Indonesia untuk merespon isu strategis sedini mungkin dengan menerapkan peralatan dengan teknologi terkini yang semuanya dapat ditemukan di LabIndonesia 2018.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Dampak Krisis Iklim

Prof. Dr. Tjut Sugandawaty Djohan, M.Sc., Guru Besar Laboratorium Ekologi dan Konservasi Fakultas Biologi UGM,  menuturkan saat ini…