Excavator SK130XDL-10 resmi diluncurkan pada Oktober 2021. Unit ini sangat cocok diaplikasikan di perkebunan kelapa sawit untuk mendukung beragam pekerjaan.

Industri hulu (perkebunan kelapa sawit) masih memiliki daya tarik bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang alat berat untuk menawarkan salah satunya Excavator. Yang biasanya digunakan untuk pengerjaan berbagai pekerjaan di antaranya pembukaan lahan perkebunan sawit, pembuatan parit, dan chipping pohon sawit yang sudah tua.

Namun berdasarkan pengamatan dan pengalaman dari pihak pelaku usaha alat berat (distributor) menunjukkan ada beberapa kriteria Excavator yang diinginkan pelaku usaha perkebunan kelapa sawit. “Yang dibutuhkan oleh pelaku usaha industri sawit (perkebunan sawit) adalah Excavator yang mampu bergerak cepat dan lincah karena dibutuhkan mobilisasi yang cukup tinggi. Seperti harus berpindah tempat antara pohon ke pohon lainnya dan mampu bekerja dengan cepat untuk menjaga produktivitas per harinya,” jelas Yushi Sandidarma, West Territory Director, PT. Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia (DKCMI), dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Majalah Sawit Indonesia.

“Selain itu, tenaganya juga harus cukup besar karena tidak hanya untuk pekerjaan tapak timbun, namun juga digunakan untuk pembuatan parit atau untuk pekerjaan chipping. Dan dengan kondisi lahan gambut atau berlumpur, maka tapak (shoe) harus lebar agar unit dapat lebih “mengapung” dan dapat bergerak lebih cepat dan ringan,” tambah Yushi.

Selain kelincahan unit dan tenaga yang besar sehingga dapat memberikan performa yang baik. Tetapi, hemat bahan bakar juga menjadi hal penting diperhatikan pelaku usaha perkebunan kelapa sawit untuk berinvestasi pada alat berat (Excavator) sehingga mampu mengerjakan pekerjaan dengan efektif dan efisien.

Untuk memberikan solusi pelaku usaha perkebunan kelapa sawit, DKCMI selaku perusahaan distributor alat berat bermerek Kobelco menawarkan unit Excavator yang sudah didesain sesuai kebutuhan di perkebunan kelapa sawit.

“Untuk memenuhi kebutuhan pelaku usaha perkebunan kelapa sawit, kami memberikan unit yang mampu memberikan solusi sehingga peningkatan yang sesuai dengan kebutuhan di perkebunan kelapa sawit. Kemampuan itu sudah ada pada unit kami sebelumnya dan terciptalah Excavator dengan tipe SK130XDL-10. Dengan tenaga yang lebih baik, lebih lincah namun hemat bahan bakar,” ungkap Yushi masih dalam keterangan tertulis.

Excavator SK130XDL-10 resmi diluncurkan pada Oktober 2021 lalu. Sedangkan untuk tipe pendahulunya yaitu SK 130 XDL-8 juga sudah dipergunakan untuk perkebunan kelapa sawit cukup lama. Unit Excavator terbaru (SK130XDL-10) memiliki spesifikasi mesin Mitsubishi D04FR-74Kw. Mesin diesel tipe injeksi langsung 4 siklus 4 sikinder berpendingin air dengan turbo-charger intercooler, dengan tenaga mesin 69.2kW/2,000 min-1 (with fan), Jangkauan Gali Maksimum 8,34 m, Kedalaman Gali Maksimum 5,26 m, Daya Gali Bucket 90,4 kN dan Daya Rengkuh Lengan 64,1 kN.

“Serta dilengkapi Mode ECO baru yang mampu menghemat hingga 20% lebih hemat bahan bakar dari pada mode H pada SK 130XDL-8B. Dengan tenaga yang lebih besar namun bahan bakar yang hemat maka efisiensi semakin meningkat,” jelas Yushi.

Lebih lanjut, Yushi menambahkan keistimewaan dan keunggulan Excavator SK130XDL-10 dibandingkan produk lain. Unit SK130XDL-10 sudah menggunakan desain dan teknologi generasi 10 yang lebih bertenaga makin lincah, namun tetap hemat bahan bakar dan dilengkapi pompa hidrolik utama dan travel motor dengan kapasitas kelas 20 ton.

Unit ini sejak diluncurkan Oktober 2021 sudah didedikasikan ke perkebunan kelapa sawit. Pasalnya, untuk tipe pendahulunya yaitu SK 130 XDL-8 juga sudah dipergunakan untuk perkebunan sawit cukup lama.

“Kami berupaya memberikan unit yang mampu memberikan solusi di perkebunan kelapa sawit, sehingga mampu meningkatkan produktivitas dengan performa unit tenaga yang lebih baik, lebih lincah namun hemat bahan bakar,” lanjutnya.

Selain memberikan solusi untuk pengerjaan berbagai kegiatan/pekerjaan di perkebunan kelapa sawit. Berinvestasi dengan menggunakan unit Excavator Kobelco tipe SK130XDL-10 juga mendapatkan nilai tambah. Soal kualitas, unit Kobelco sudah tidak diragukan lagi, sudah pasti awet dan durabilitas tinggi.

(Selengkapnya dapat dibaca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 128)

Share.