ENERGIA, Genset Efisien Bahan Bakar dan Bernilai Tambah

Untuk mendukung kegiatan operasional di industri sawit diperlukan genset sebagai sumber energi listrik pada perumahan/mess/perkantoran, starting turbin pada Pabrik Kelapa Sawit (PKS), maupun emergency/standby genset.

Di Indonesia, genset telah menjadi solusi utama untuk menjaga stabilitas operasional pabrik/kantor pada daerah yang kerap mengalami pemadaman listrik. Tak terkecuali, pada industri sawit yang sebagian besar berlokasi di daerah dengan pasokan listrik dari PLN yang belum merata. Listrik merupakan komponen utama operasional sehingga kinerja usaha atau operasional akan aman dengan adanya genset saat listrik dari PLN tidak mencukupi atau terputus supply-nya.

Selain itu, genset juga popular di kalangan masyarakat sebagai alternatif untuk penambahan daya listrik, misalnya saat acara konser musik yang membutuhkan tenaga listrik yang sangat besar. Genset juga selalu hadir saat musibah bencana alam terjadi. Bencana banjir atau gempa bumi sering menyebabkan kerusakan instalasi listrik yang tidak dapat diatasi dengan cepat. Di situasi seperti ini, genset hadir sebagai solusi instan.

Listrik sebagai sumber energi, sangat mempengaruhi kinerja atau operasional sehari-hari. Karena itu, untuk memudahkan pelaku usaha di sektor industri sawit, PT Wahana Inti Selaras (WISEL) menawarkan genset dengan sumber tenaga John Deere Engine yang terbukti sangat tangguh dan mudah perawatannya. Genset bermesin John Deere ini bermerk ENERGIA dan hadir di Indonesia sebagai pilihan cerdas sumber tenaga listrik pendukung operasional.

Genset ENERGIA Memiliki Power Outputmulai dari 30 kVA sampai dengan 450 kVA, 3 phase, Frequency 50 HZ, Voltage 380/220 volt, Control panel Deepsea, ditenagai John Deere Engine 3,4, hingga 6 silinder, serta dilengkapi dengan pilihan generator Stamford, Marelli, Leroy Somer, dan sebagainya. Tentu saja genset ENERGIA hadir dengan pilihan open bonnet maupun silent type sesuai kebutuhan pelanggan.

“Genset ENERGIA memilikikeistimewaan dan keunggulan dibanding produk lain seperti, durabilitydan lifetime yang tinggi, low fuel comsumptiondan garansi 2 tahun/2000 jam,” jelas Abelio, Application Engineer, PT Wahana Inti Selaras (WISEL) dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Dari sisi efisiensi bahan bakar, genset ENERGIA menjadi salah satuyang terhemat dikelasnya. “Genset ENERGIA menggunakan engine John Deere yang unggul pada low fuel consumption. Sebagai contoh, pada power rating EN250, 250 kVA @1500 rpm, 50 Hz dengan beban 100% (full power), fuel comsumption genset ENERGIA hanya sebesar 53,06 liter/hari,” tambah Abelio. “Dari range power yang tersedia, genset ini cocok digunakan untuk sumber energi listrik utama (prime) pada perumahan/mess/perkantoran, starting turbin pada Pabrik Kelapa Sawit (PKS), maupun emergency/standby genset,” jelas Abelio.

(Selengkapnya dapat di baca di Majalah Sawit Indonesia, Edisi 116)

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like