Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan bersama dengan Korea SMEs and Startups Agency (KOSME) melakukan kerjasama dan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada Selasa (26/07) di Jakarta. Kerja sama antara DJPb dengan KOSME itu diantaranya mencakup berbagi pengetahuan mengenai dukungan sistem, pengetahuan, dan keahlian; business matching serta pameran dan promosi pasar UMKM; serta riset bersama mengenai pemberdayaan UMKM bagi kedua negara.

Dirjen Perbendaharaan Hadiyanto dalam sambutan pada rangkaian acara tersebut mengatakan bahwa kerja sama antara DJPb dan KOSME merupakan bentuk sinergi konstruktif antara Indonesia dengan Korea Selatan.

“Penandatanganan MoU Pemberdayaan UMKM antara DJPb bersama KOSME ini merupakan momen yang sangat penting bagi upaya peningkatan peran UMKM untuk mendukung inklusi keuangan,” ungkap Hadiyanto.

Dalam kesempatan yang sama, President of KOSME, Mr. Kim Hak-do menyampaikan bahwa KOSME telah tumbuh bersama dengan UKM dan perusahaan startup selama 43 tahun terakhir.

“Ketika ekonomi Korea Selatan mengalami krisis keuangan Korea pada tahun 1997 dan krisis keuangan global pada tahun 2008, KOSME telah memberikan kontribusi untuk meletakkan dasar bagi pertumbuhan ekonomi nasional dengan terlebih dahulu membantu UKM mengatasi tantangan tersebut. Saat ini KOSME akan bersama-sama DJPb melaksanakan upaya pemberdayaan UMKM,” jelas Mr. Kim Hak-do.

Melalui penandatanganan MoU tersebut, DJPb dan KOSME menegaskan komitmen dalam pemberdayaan UMKM di Indonesia dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menjadikan UMKM di Indonesia dapat naik kelas, sebagai bagian dari inisiatif strategis Sinergi Pemberdayaan UMKM sebagaimana yang diamanatkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Sebagai informasi, KOSME merupakan Badan Layanan Umum (BLU) pengelolaan dana yang berada di bawah Ministry of SMEs and Startups Korea Selatan. KOSME didirikan sejak tahun 1979 dan saat ini telah memiliki 33 cabang di seluruh Korea, dengan pegawai sebanyak 1.468 orang. Sejumlah fungsi yang dilakukan oleh KOSME yaitu pembiayaan UMKM, dukungan atas ekspor oleh UMKM, peningkatan kapasitas SDM UMKM, dan peningkatan inovasi UMKM.

Sumber: kemenkeu.go.id

Share.