DITJEN PPI LAKUKAN PENILAIAN AKHIR APRESIASI WANALESTARI 2021 UNTUK MANGGALA AGNI DAN MPA

Tim dari Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim secara daring telah melaksanakan penilaian tahap akhir terhadap enam orang anggota Manggala Agni dan lima orang anggota Masyarakat Peduli Api (MPA) untuk memperoleh apresiasi Wana Lestari tahun 2021 (7/7).

Direktur PKHL Basar Manullang mengungkapkan setelah sempat tidak diselenggarakan pada tahun 2020 lalu dikarenakan pandemi Covid-19, tahun ini kegiatan penilaian calon penerima apresiasi Wana Lestari Kategori Manggala Agni dan MPA kembali digelar.

“Proses seleksi telah dimulai dari tingkat Manggala Agni Daops, tingkat regional UPT Balai PPIKHL dan terakhir proses seleksi oleh Tim Penilai Pusat Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim,” jelas Basar.

Apresiasi Wana Lestari adalah suatu kegiatan pemberian penghargaan dari pemerintah kepada perorangan, kelompok, aparatur pemerintah atau badan usaha atas prestasi yang dicapai berdasarkan inisiatif dan partisipatif dalam menjalankan tugas di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Diantara kategori yang dapat memperoleh Apresiasi Wana Lestari ini adalah mereka yang melakukan kegiatan pengendalian karhutla yaitu Manggala Agni dan MPA.

Basar menyebutkan telah terpilih enam peserta yang lolos dan akan mengikuti seleksi tahap akhir dari kategori Manggala Agni yaitu Hermanto dan Hermansyah dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Wilayah Sumatera, Kasful Anwar dan Junaedi dari BPPIKHL Wilayah Kalimantan, serta Surullah Fajrin dan Sudarman Dedi dari BPPIKHL Wilayah Sulawesi.

Sedangkan dari kategori MPA lima peserta yang terpilih meliputi Heri Sandi dari BPPIKHL Wilayah Sumatera, Siamsyah dari BPPIKHL Wilayah Kalimantan, Wawan Hariyanto dan Sofian Hadi dari BPPIKHL Wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara, serta Marten Ndiken dari  BPPIKHL Wilayah Maluku Papua.

Mujiastuti, Kasubdit Tenaga dan Sarana Prasarana Pengendalian Karhutla sebagai salah satu anggota Tim Penilai Pusat menjelaskan penilaian yang dilakukan meliputi kegiatan-kegiatan pengendalian karhutla yang dilaksanakan di tingkat tapak meliputi patroli pencegahan karhutla, pemeriksaan lapang/groundcheck hotspot, dan sosialisasi pencegahan dalkarhutla.

“Tiga orang terpilih dari katagori Manggala Agni dan MPA akan ditetapkan sebagai penerima Apresiasi Wana Lestari Tahun 2021 dan berhak menghadiri Temu Karya Para Pemenang Lomba dan Penerima Apresiasi di tingkat nasional bersama dengan para pemenang dari kategori lainnya seperti Penyuluh, Polhut, Penyidi Pegawai Negeri Sipil (PPNS), dan Kader Konservasi Alam,” jelas Mujiastuti.

Sumber: sipongi.menlhk.go.id

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like