Didukung BPDP Sawit, APKASINDO Riau Berangkatkan 113 Peserta Beasiswa D3 dan D1

RIAU, SAWIT INDONESIA – Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) bekerjasama dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) DPW Riau memberangkatkan 113 peserta beasiswa  yang berasal dari anak petani dan buruh kebun. Mereka akan menimba ilmu di Instiper Yogyakarta dan Politeknik Kelapa Sawit CWE Jawa Barat.

“Beasiswa kali ini berbeda dengan tahun lalu dimana Angkatan 2018 ini tidak hanya Jenjang Pendidikan D1 Kelapa Sawit. Tetapi juga Program D3 Kelapa Sawit,” Ir. Gulat ME Manurung, MP selaku Ketua DPW Apkasindo Riau, Selasa (23 Oktober 2018).

Gulat menuturkan seleksi untuk kedua jenjang strata pendidikan telah dilakukan di tiga simpul yang mewakili 12 Kabupaten di Riau.

Baca Juga :   Cegah Karhutla, GAPKI Bersinergi Dengan Pemerintah dan Masyarakat

Anak-Anak Petani maupun buruh tani yang menjadi peserta tes berasal dari anggota Asosiasi Petani Kelapa Sawit yang dikoordinir DPW APKASINDO Riau. Seleksi peserta harus direkomendasikan organisasi petani antara lain Apkasindo Kabupaten/Kota, ASPEK-PIR (Asosiasi Petani Kelapa Sawit Pola Inti Rakyat), dan Asosiasi SAMADE (Sawit Masa Depan).

Jumlah mahasiswa D1 yang dikuliahkan melalui Beasiswa BPDP-KS ini secara Nasional sebanyak 300 Mahasiwa. Dari 300 jatah Nasional tersebut 82 orang berasal dari Riau (28%), dengan rincian 57 orang di Kampus INSTIPER Jogja dan 25 orang mahasiswa di Kampus Politeknik Sawit CWE Jawa Barat.

Sedangkan untuk Program D3 Keahlian Khusus Kelapa Sawit, sebanyak 31 orang mahasiswa anak petani dan buruh tani sawit Riau (34%) dikuliahkan di Politeknik Sawit CWE Jawa Barat dari jatah Nasional sebanyak 90 mahasiswa.

Baca Juga :   Hasan Kleib, Duta Besar/ Wakil Tetap RI untuk PBB, WTO dan organisasi internasional lain di Jenewa Menjaga Kedaulatan Sawit di Dunia Internasional

Total peserta beasiswa dari Riau mencapai 113 orang. “Suatu kebanggaan bagi Riau, karena beasiswa mahasiswa terbanyak didominasi oleh DPW Apkasindo Riau dari 24 Propinsi yang memiliki Cabang Apkasindo se Indonesia,” kata Gulat.

Keberangkatan anak-anak penerima beasiswa ini dilepas Ketua DPW APKASINDO Riau, Gulat Manurung di depan Kantor DPW Apkasindo Riau, Pekanbaru. Hadir dalam acara ini antara lain jajaran pengurus DPW Riau, sekretaris DPW Riau, Rino Afrino, wakil ketua DPW Bidang Organisasi Sismeidinata, Wakil Ketua DPW Bidang KUD/UKM H. Suher, beserta Perwakilan DPD Apkasindo dari 11 Kabupaten/Kota se Provinsi Riau.

Rino Afrino, ST.,MM Sekretaris DPW Apkasindo Riau, menjelaskan bahwa sumber dana dari Program Beasiswa ini adalah berasal dari pungutan ekspor CPO yang dikelola oleh BPDP. Dana yang dikelola oleh BPDP ini sebagian diperuntukkan untuk peningkatan SDM Petani dan Keluarga Petani maupun Buruh Tani.

Baca Juga :   Fasilitasi Pelaku Bisnis Peralatan Laboratorium

Muchlisin, salah seorang calon mahasiswa di Stiper Jogja, mengucapkan rasa syukur karena tidak terbayang bisa kuliah di Instiper. Semenjak SMP, saya ingin kuliah di Instiper dan sekarang keinginan ini telah tercapai,”pungkasnya

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

ISPO Wujud Kedaulatan Bangsa

Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) diharapkan menjadi jawaban atas isu negatif sawit. Pemangku kepentingan  berupaya memperkuat prinsip dan…