Dapat Beasiswa, Anak Petani Apkasindo Gelar Upacara Tepung Tawar

KANDIS, SAWIT INDONESIA – Rizky Jaya Pratama, anak Muliono petani sawit yang juga anggota Apkasindo Riau, menorehkan kebanggaan karena meraih beasiswa Diploma Satu (D1) dari Instiper Yogyakarta. Sebagai ungkapan syukur, keluarga mengadakan upacara tepung tawar tradisi masyarakat Melayu.

Muliono, Ayah Rizky Jaya, mengucapkan rasa syukur atas prestasi yang diraih anaknya di sela-sela upacara tepung tawar. Keluarga Muliono bertempat tinggal di Areal 100 Desa Belutu, Kecamatan Kandis, Riau.

“Bagi saya ini seperti mimpi karena tidak terbayang (anak) bisa dapat beasiswa D1. Kami berterima kasih kepada pengurus Apkasindo Kandis yang memprakarsai upacara tepung tawar ini,”jelas Muliono.

Syahrizal Arif, Ketua Apkasindo Kandis , menjelaskan upacara tepung tawar merupakan syukuran atas keberhasilan beasiswa yang diraih Rizky. Apalagi, Rizky ini menjadi anak pertama asal Kecamatan Kandis yang meraih beasiswa.

“Dengan adanya syukuran bisa memotivasi generasi muda anak petani sawit tahun depan bisa lebih banyak yang ikut bersaing,” kata Arif.

Camat Kandis M.Irwan Kurniawan, menuturkan pihak Kecamatan Kandis merasa bangga karena anak petani sawit setempat mampu bersaing mendapatkan beasiswa. Harapan kami, semoga tahun 2019 anak petani sawit kandis lebih banyak lagi yang memperoleh beasiswa perkebunan sawit yang difasilitasi Apkasindo,”ujarnya.

Tahun ini, jumlah penerima beasiswa sawit di Riau mencapai 81 orang program D1. Terdiri dari Instiper Jogja berjumlah 62 orang dan Politeknik CWE sebanyak 19 orang. Untuk Program D3 sebanyak 31 peserta yang kuliah di Politeknik CWE.

Gulat Manurung, Ketua DPW Apkasindo Provinsi Riau menuturkan kebanggaan bagi Apkasindo untuk mengantarkan anak-anak petani dan buruh tani belajar kelapa sawit di Kampus ternama seperti Instiper Jogja dan Politeknik CWE.

“Kami Apkasindo Riau mengucapkan selamat kepada peserta program beasiswa. Karena ini kesempatan langka bagi mereka,”ujarnya.

Beasiswa Apkasindo Riau ini bagian dari kerjasama dengan BPDP-Kelapa Sawit. Gulat mengharapkan semoga petani Sawit lebih profesional dan berkarakter dengan program peningkatan SDM ini.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like