Cegah Meluasnya Corona, GAPKI Serahkan Bantuan Kepada KLHK

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Sebagai bentuk nyata dalam pencegahan wabah pandemi (covid-19) yang tengah melanda Indonesia, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) kembali memberikan bantuan. Kali ini, bantuan berupa sabun pencuci tangan dan masker diserahkan pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Untuk itu bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), GAPKI memberikan bantuan berupa alat kebersihan yakni 30.000 sabun dan 8.000 buah masker untuk disalurkan kepada warga yang tinggal di pemukiman padat penduduk dan kalangan masyarakat menegah ke bawah di Jabodetabek.

Bantuan diserahkan langsung oleh Joko Supriyono, Ketua Umum GAPKI kepada Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian LHK, MR Karliansyah, pada Jum’at (27 Maret 2020), di kantor KLHK.

Tampak hadir  pengurus GAPKI Pusat antara lain Togar Sitanggang (Wakil Ketua Umum), Eddy Martono (Ketua Bidang Agraria dan Tata Ruang), dan Jajaran Direktur Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan menyaksikan penyerahan bantuan.

Joko Supriyono mengatakan pihaknya memberikan bantuan berupa sabun dan masker sebagai kontribusi dalam pencegahan dan penularan covid-19.

“Kami melakukan penggalangan kepada perusahaan-perusahaan kelapa sawit yang tergabung dalam GAPKI, “ujar Joko.

Bantuan berasal dari anggota GAPKI antara lain Wings Group, WIlmar dan Musim Mas.

Ditambahkan Joko bahwa upaya ini sebagai langkah nyata dalam membantu pencegahan covid-19.Joko mengungkapkan bantuan yang diberikan GAPKI dihimpun dari perusahaan anggota GAPKI yang memiliki produk hilir seperti Wings Group, Wilmar dan Musim Mas.

Selain itu, Joko mengungkapkan, GAPKI Pusat telah menginstruksikan GAPKI cabang di seluruh Indonesia untuk membantu pemerintah dalam mengatasi musibah yang kini tengah dihadapi bangsa Indonesia yakni penyebaran Covid 19.

Seperti diketahui, GAPKI beberapa waktu lalu juga menyerahkan bantuan berupa perlengkapan tenaga medis. Perlengkapan bagi tenaga medis tersebut telah diserahkan kepada tiga rumah sakit yang menjadi rujukan perawatan pasien corona yaitu RSAL Mintohardjo, RSUP Fatmawati, dan RSUP Persahabatan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, RM Karliansyah menyampaikan pihaknya menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan GAPKI.

“Ucapan terima kasih disampaikan untuk GAPKI yang telah berpartisipasi dalam pencegahan pandemi, dengan memberikan bantuan sabun (pencuci tangan) sebanyak 30 ribu batang dan 20 ribu sabun batang dari Musim Mas serta  masker,” ujar Karliansyah.

GAPKI memberikan bantuan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berupa 30.000 sabun dan 8.000 buah masker.

Lebih lanjut, Karliansyah menambahkan sabun dipercaya sangat ampuh untuk membersihkan dan membunuh virus corona. Hal ini sejalan dengan prinsip KLHK hidup bersih salah satunya dengan cuci tangan. Sabun sangat efektif digunakan untuk membersihkan tangan.
Proses pendistibusian bantuan, KLHK menggandeng komunitas Ciliwung untuk pembagian bantuan ke warga.

“Bantuan rencana akan dibagikan kepada warga di empat daerah yaitu Ciganjur (Jakarta Selatan), Pasar Rebo (Jakarta Timur), Depok dan Tangerang Selatan khususnya di pemukiman warga, pada Sabtu (29 Maret 2020).

“Selain membagikan sabun dan masker, kami juga akan melakukan disinfektan. Harapannya proses pembagian bisa berjalan dan mengcover daerah-daerah yang terdampak covid-19,” pungkas Karliansyah.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like