Cegah Karhutla, GAPKI Kaltim Implementasikan Aplikasi Asap Digital

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Kalimantan Timur menandatangani nota kesepahaman bersama Kepolisian Daerah Kalimantan Timur dan PT Telkom Indonesia Regional VI Kalimantan, di Kantor Polda KaltIM, Balikpapan, Selasa (27 April 2021).

H. Muhammadsjah Djafar, Ketua GAPKI Kalimantan Timur, menjelaskan bahwa nota kesepahaman bertujuan meningkatkan koordinasi, integrasi dan sinergitas untuk mengoptimalkan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dengan menggunakan Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Secara Digital (ASAP DIGITAL) dengan terencana, terkoordinasi dan terpadu.

“Peranan GAPKI dalam hal ini adalah menfasilitasi para anggotanya untuk ikut serta mendukung kegiatan implementasi ASAP DIGITAL,” jelas Muhammadsjah Djafar.

Menurutnya dengan memanfaatkan program kegiatan yang digagas secara bersama oleh Kepolisian Daerah Kalimantan Timur dan PT. Telkom Indonesia regional VI.

Selain GAPKI, dunia usaha lain juga bergabung dalam penandatanganan MoU seperti Asosiasi Pengusaha HUtan Indonesia Komisariat Daerah Kalimantan Timur (APHI Komda Kaltim) sehingga Anggota GAPKI Cabang Kalimantan Timur dapat mengetahui sejak dini potensi kebakaran hutan, lahan dan kebun agar dapat mencegah meluasnya kebakaran tersebut.

ASAP DIGITAL ini merupakan pemantau secara live/realtime pada titik-titik api baik secara koordinat maupun secara gambar lokasi yang terdeteksi.

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like