BANJARMASIN, SAWIT INDONESIA – Setelah sempat tertunda setahun, Borneo Forum kembali hadir untuk keempat kalinya yang bertemakan “Meningkatkan Kolaborasi Pemerintah dan Pelaku Usaha Dalam Rangka Mewujudkan Industri Berkelanjutan Dalam Kondisi Pandemi Covid-10” yang berlangsung pada 15-16 Desember 2021.

Menko Perekonomian RI, Dr. Airlanggar Hartarto dijadwalkan akan menjadi Keynote Speaker acara yang berlangsung di Hottel Rattan Inn, Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan berjalan virtual. Hadir pula DR. (H.C) H. Sahbirin Noor, Gubernur Kalimantan Selatan dan Joko Supriyono, Ketua Umum GAPKI.

Totok Dewanto, Ketua Pelaksana Borneo Forum IV, menjelaskan kegiatan Borneo Forum IV akan berjalan menarik karena kelapa sawit menjadi bagian sektor ekonomi yang sangat Tangguh di kala pandemi. Itu sebabnya, Borneo Forum IV akan terfokus membahas kiat pengelolaan industri sawit di masa pandemi Covid-19.

“Selama ini, komoditas sawit dinilai memberikan kontribusi tinggi kepada devisa negara dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak. Padahal, industri non sawit mengalami banyak tindakan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK),” urainya.

Dalam Borneo Forum IV, dikatakan Totok, akan ada sejumlah topik menarik yang membahas pengembangan produk turunan sawit untuk sumber energi terbarukan dan pemanfaatan produk turunan “limbah kelapa sawit”.

Topik lainnya adalah percepatan program PSR & kendalanya. Selain itu, sejumlah pembicara akan membahas rencana aksi daerah atas permasalahan ketelanjuran kebun sawit dalam kawasan hutan dan kontribusi perkebunan sawit dlm upaya pelestarian hutan.

Totok menuturkan akan ada pembicara yang mengulas peran sektor perkebunan dalam pengaturan ketenagakerjaan,  pelaksanaan PPKM di masa pandemi Covid-19 serta penerapan aspek sustainability industri perkebunan.

Sejumlah pembicara yang akan hadir antara lain Indah Anggoro Putri (Dirjen PHI dan JSK Kementerian Ketenagakerjaan RI), Ali Jamil (Plt. Dirjen Perkebunan Kementan RI), Sunari (Direktur Penghimpunan Dana BPDPKS), Hanif Faisol Nurofiq (KLHK), Roy Rizali (Sekda Provinsi Kalsel), Tatang Hernas (Ketua Umum IKABI), Paulus Tjakrawan (Ketua Harian APROBI), Dr. Tungkot Sipayung (Direktur Eksekutif PASPI), Dr. Bandung Sahari (SVP Sustainability Astra Agro), dan Mohamad Risal Wasal (Direktur Sarana Transportasi Darat Kemenhub RI).

Share.

Leave A Reply