Binaan Pertamina Mariojela Berbagi Pengetahuan Mengolah Minyak Jelantah Jadi Lilin

BALIKPAPAN – Mitra binaan Pertamina Kilang Balikpapan Mariojela terus menyebarkan pengetahuan yang mereka miliki kepada masyarakat luas. Kali ini, Kader Mariojela melatih anggota Kelompok Bank Sampah Pagar Hijau Kelurahan Prapatan untuk mengelola minyak jelantah menjadi lilin pada Selasa, 24 Agustus 2021.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Kilang Balikpapan Ely Chandra Peranginangin mengatakan, “Mariojela merupakan singkatan dari Margasari Olah Jelantah. Kelompok ini merupakan mitra binaan Pertamina yang berlokasi di Kelurahan Margasari yang berfokus pada upaya-upaya penyelamatan lingkungan dengan mengedukasi masyarakat agar tidak membuang minyak jelantah ke lingkungan.”

Selain mengedukasi masyarakat, kelompok ini juga telah memiliki keahlian untuk mengelola minyak jelantah menjadi lilin. “Dengan bekal pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki, hari ini kelompok menularkan ilmu yang mereka miliki kepada kelompok Bank Sampah Pagar Hijau yang berlokasi di Kelurahan Prapatan,” ujar Chandra.

Kegiatan berbagi pengetahuan ini juga diharapkan dapat semakin meningkatkan rasa percaya diri para Kader Mariojela agar terus bersemangat mengajak masyarakat untuk peduli pada lingkungan. Selain sebagai sarana membagi ilmu, Chandra juga mengharapkan terbentuk suatu hubungan antara Kelompok Mariojela dan Bank Sampah Pagar Hijau.

“Hari ini, kelompok Mariojela mengajarkan ilmu ke sini, dan mungkin di lain waktu, Kelompok Bank Sampah Pagar Hijau yang mengajarkan ilmunya ke kelompok Mariojela. Kondisi saat ini tidak menuntut kita memiliki semua sumber daya, namun bagaimana kita bisa berkolaborasi. Dengan berkolaborasi kita dapat maju bersama-sama,” katanya.

Sementara itu Ketua Bank Sampah Pagar Hijau Suharti Karyanto menyampaikan harapannya agar pelatihan ini dapat memberikan tambahan keahlian kepada para anggotanya. “Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan kami, dan nanti pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Lurah Prapatan Reza Dipa Pradeka. “Hari ini kami melaksanakan program CSR dari Pertamina Kilang Balikpapan mengenai pengolahan jelantah menjadi lilin. Harapannya tetap saling membantu masyarakat sekitar khususnya di Kelurahan Prapatan agar masyarakat dapat berkreatif dan meningkatkan taraf hidup ekonominya,” tutupnya. 

Sumber: pertamina.com

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like