Sei Lepan, 25 Juli 2022. Untuk yang keempat kalinya Balai Besar KSDA Sumatera Utara melakukan rescue Orangutan Sumatera (Pongo abelii) di perkebunan PT PISS (Perkebunan Inti Sawit Subur) di Desa Makmur, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat. Rescue ini merupakan tindak lanjut dari laporan manajemen PT PISS terkait terpantaunya keberadaan satwa liar tersebut di areal kerja perkebunan.

Selanjutnya  pada Jumat, 22 Juli 2022, Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat bersama dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Center (YOSL-OIC), dibantu oleh Bhabinsa serta pihak perusahaan melakukan rescue dan berhasil mengevakuasi 1 individu orangutan berjenis kelamin betina, berusia sekitar 12 tahun dengan berat badan kurang lebih 30 kg.

Dari obervasi yang dilakukan oleh Tim medis Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan YOSL-OIC diketahui bahwa kondisi orangutan dalam keadaan sehat, normal serta tidak ada ditemukan luka atau fraktur, sehingga direkomendasikan layak untuk ditranslokasikan. Hasil koordinasi dengan Seksi PTN VI Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser Besitang, orangutan direkomendasikan dilepasliarkan di Hutan Restorasi Cinta Raja 3 Taman Nasional Gunung Leuser, dan selanjutnya dilakukan pelepasliaran di areal yang telah direkomendasikan.

Masih di lokasi kebun PT PISS ini, juga terpantau keberadaan individu orangutan lainnya, namun Tim kehilangan jejak sehingga tidak dapat direscue. Lokasi sangat curam dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Akhirnya disepakati  Tim lapangan beserta pihak perusahaan akan terus memantau keberadaan satwa tersebut dan akan melakukan tindakan rescue bila nantinya telah memungkinkan.

Sumber: menlhk.go.id

Share.