Bandit, Pengolah Limbah Sawit Bernilai Tinggi

PT Wahana Inti Selaras menawarkan produk mesin pencacah material organik untuk mengubah limbah  sawit menjadi bahan baku bernilai tambah.

Industri kelapa sawit  menjadi industri yang tengah berkembang. Beragam produk turunan dihasilkan dari industri kelapa sawit. Seperti, pengolahan Tandan Buah Segar menjadi minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) akan meninggalkan Janjang Kosong (jangkos) dan tanaman kelapa sawit yang usianya di atas 25 tahun dan masuk tahap replanting juga akan meninggalkan pelepah daun dan batang-batang pohon.

Limbah organik kelapa sawit memiliki potensi yang dapat digunakan menjadi pupuk organik hingga biomassa untuk keperluan energi. Lalu, bagaimana proses mengubah limbah menjadi nilai tambah?

PT Wahana Inti Selaras mempunyai produk mesin pencacah material organik untuk mengubah limbah menjadi bahan baku yang bernilai tambah. Mesin bermerek Bandit ini sudah banyak digunakan negara maju untuk pengolahan material organik seperti pulp paper, plywood, biomass, land clearing, waste reduction, recycle hingga landscapeutility.

Sudiono Widjaja, Chief Operating Officer PT Wahana Inti Selaras mengatakan pihaknya mengakui industri sawit saat ini menjadi industri yang besar dan terus berkembang. Untuk mendukung sektor ini dibutuhkan mekanisasi untuk mendukung peningkatan produktivitas melalui pengolahan limbah organik.

“Wahana Inti Selaras merupakan distributor tunggal di Indonesia yang menyediakan Bandit (mesin pencacah material organik) untuk pasar  Indonesia. Di luar negeri, Bandit menjadi market leader worldwide  untuk mesin pencacah. Bandit tidak akan menjadi market leader jika tidak di tunjang dengan after sales yang reliable,” ujar Sudiono atau yang akrab disapa Dion, saat ditemui di kantornya, di Jakarta.

Seperti apa spesifikasi Bandit? Hal ini dijelaskan Adept Lenggana Widiarsa, After Sales Division Head, PT Wahana Inti Selaras, bahwa secara umum produk Bandit terbagi menjadi tiga unit yaitu Bandit Hand Feed Chippers, Bandit Whole Three Chippers, dan Bandit Beast.

Lebih lanjut, Adept menerangkan Bandit Hand Feed Chippers maupun Whole Tree Chippers mempunyai dua sistem pengolahan yaitu system disc dan drum. System disc merupakan teknologi chipping yang sudah lama dikenal sejak mesin chippers dikenal di dunia, selanjutnya pada 1990-an produsen beralih kepada teknologi drum karena memiliki produktivitas dan durabililty yang lebih tinggi. Alhasil unit ini dapat menciptakan performa kegiatan yang jauh lebih baik. Hand Feed Chippers adalah tipe pencacah yang memungkinkan kayu seperti batang sawit dimasukkan dalam mesin oleh operator tanpa bantuan mesin lain seperti loader.

Tipe Bandit Whole Tree Chippers memiliki produktivitas lebih tinggi dibanding hand feed chippers, menyebabkan mesin ini mampu mencacah kayu gelondongan berdiameter besar dalam dalam kuantitas yang lebih banyak. Sebagai contoh, batang sawit lebih banyak dicacah dengan unit ini dalam satuan waktu yang sama dibanding menggunakan hand feed chipper. Mesin Bandit Whole Tree Chippers sudah tidak menggunakan tenaga operator untuk mengumpan kayu namun sudah harus dengan bantuan mesin lain seperti loader atau grapple.

Sedangkan Bandit Beast adalah tipe Bandit terbesar dan multifungsi, unit ini tidak lagi menggunakan pisau pada disc maupun drum-nya namun telah menggunakan teeth (gigi) sebagai pencacah, karenanya mesin ini tidak lagi menyandang nama chipper melainkan grinder. Fitur ini menjadikan Beast sebagai mesin multifungsi yang bisa mencacah bahan organik dan anorganik (plastik).

5 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like