Ayo Ke Andalas Forum II,  Update Isu dan Teknologi Terkini Sawit

 

PALEMBANG, SAWIT INDONESIA – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Provinsi  Sumatera Selatan (Sumsel) mengajak pelaku industri dan petani sawit untuk menghadiri Andalas Forum II. Forum ini akan mengundang pembicara lintas sektor yang akan memberikan update informasi terkini kelapa sawit.

“Andalas Forum diinisiasi GAPKI se Sumatera dengan undangan dan peserta nasional,” ujar Ketua GAPKI Cabang Sumsel Alex Sugiarto didampingi Ketua Dewan Pengarah Hary Hartanto dalam jumpa pers beberapa waktu lalu.

Andalas Forum digelar di tempat berbeda di Pulau Sumatera. Tahun ini, Andalas Forum II digelar di Kota Palembang, Sumsel mulai 13-14 Februari 2020 di Hotel Harper Palembang.

Andalas Forum II akan dilaksanakan tanggal 13 – 14 Februari 2020 dengan lingkup kegiatan berupa seminar dan pameran. Penyelenggaraan kali ini mengangkat tema “Sustainability: Implementation & Promotion” dengan beberapa topik seminar yang mencakup materi “People, Planet & Profits” yang akan membahas mengenai industri sawit seperti pembiayaan, sumber daya alam, kelembagaan dan isu-isu lingkungan, kebakaran lahan & hutan, gambut, deforestasi, pemberdayaan petani, dan ketenagakerjaan.

Baca Juga :   BPDP-KS Kucurkan Dana Riset Rp 108 Miliar

Forum Andalas II Palembang akan dihadiri dan dibuka Gubernur Sumsel Herman Deru, yang sekaligus menjadi pembicara dalam pertemuan tingkat nasional ini. Seminar akan terbagi empat sesi  terdiri dari Pemberdayaan Petani, Alam dan Lingkungan, Ketenagakerjaan dan Kemitraan serta Ekonomi dan hukum. Sejumlah nama yang tidak asing dalam sektor kelapa sawit pun dipastikan akan menghadiri pertemuan ini seperti Direktur Utama BPDP-KS, Dono Boestami dan Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex.

Seminar akan mengangkat dua tema besar, masing-masing Ketenagakerjaan dan Kemitraan serta Ekonomi dan Hukum. Pembicara yang akan tampil diantaranya Ketua DPP APINDO Sumsel, Sumarjono Saragih dan Suyus Windayana, Direktur Jenderal Direktorat Hubungan Hukum Keagrariaan – Kementerian ATR/BPN.

Baca Juga :   Memoar “Duta Besar” Sawit Indonesia (Bagian CXXXIV)

“Apindo akan bicara dari sisi peningkatan produktivitas tenaga kerja di perkebunan kelapa sawit. Sementara Kementerian ATR-BPN askan mengupas dari sisi konflik lahan yang masih menjadi permasalahan dalam perkebunan kelapa sawit,” kata Hari.

Peserta yang hadir diperkirakan mencapai  lebih 400 orang di  Andalas Forum II. Sekitar  200 peserta merupakan anggota Gapki, dan selebihnya terdiri dari stakeholder terakit seperti Pemerintah, Perguruan Tinggi, NGO dan Media.

Selain seminar, event ini juga akan diisi dengan kegiatan pameran. Terlihat dari antusias peserta dan sponsor yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Hingga menjelang akhir pertengahan Januari, seluruh stan atau boath pameran telah ludes dipesan pihak sponsor.

Baca Juga :   Saham Asing di Sektor Perkebunan Dibatasi
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like