Avirtech, Solusi Drone Terlengkap

Avirtech menyediakan solusi teknologi dan layanan menggunakan drone (pesawat tanpa awak) kepada perusahaan perkebunan kelapa sawit. Layanan tersebut meliputin pemetaan wilayah, penghitungan asset perkebunan, termasuk pohon sawit, rencana pengairan perkebunan, pengendalian hama hingga melakukan pemantauan kesehatan dari berbagai tanaman.

“Kami menyediakan solusi one stop service untuk memenuhi seluruh kebutuhan customer terkait drone, selain itu kami juga dapat melakukan penyesuaian terhadap kebutuhan di lapangan yang diperlukan oleh customer untuk efisiensi operasional perkebunan kelapa sawit”, kata Rendy Ferixsen The, Chief Executive Office Avirtech Pte. Ltd., dalam wawancara di akhir November 2018.

Avirtech Pte.Ltd. adalah penyedia solusi layanan inspeksi dengan menggunakan drone, yang telah beroperasi sejak tahun 2015. Rendy Ferixsen menjelaskan, selama 3 tahun berjalan Avirtech telah menyediakan solusi layanan ini di berbagai bidang usaha, diantaranya dalam bidang perkebunan, pertambangan, pemetaan daerah, konstruksi, telekomunikasi, geodesi, termografi juga mulai merambah ke bidang oil dan gas. Selain menyediakan software inspeksi dan pemetaan wilayah menggunakan drone, Avirtech juga melayani kebutuhan pembelian drone dan pelatihan pilot dronenya.

Salah satu solusi yang ditawarkan Avirtech adalah Drone-as-a-Services atau yang lebih dikenal dengan sebutan DaaS. Rendy Ferixsen menjelaskan dengan layanan ini pelaku bisnis tidak perlu menyediakan investasi pembelanjaan khusus, karena Avirtech  menyediakan solusi lengkap, mulai dari wahana drone, pilot di lapangan yang handal, proses pengambilan data di lapangan dan proses pengolahan data sesudahnya menggunakan perangkat server dan software canggih untuk hasil yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Dijelaskan lebih detail oleh Rendy Ferixsen, data yang dihasilkan dari pengolahan gambar yang diambil menggunakan drone sangatlah beragam, data tersebut dapat berupa model permukaan digital, elevasi permukaan, garis kontur, aktifitas klorofil pada tanaman, penjumlahan pohon, dan data lainnya. Hal ini dikarenakan sensor yang dapat di integrasikan pada drone juga beragam yang dapat disesuikan dengan kebutuhan data.

Wilson Ong, Chief Operation Officer Avirtech Pte Ltd., juga menjelaskan bahwa untuk membantu kegiatan operasional perkebunan kelapa sawit melalui pemanfaatan drone Avirtech menawarkan layanan berupa pemetaan wilayah perkebunan, penghitungan pohon, pemantauan jarak antar pohon sawit, indeks kesehatan, deteksi dini hama penyakit, hingga perencanaan sistem irigasi pada perkebunan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like