Apkasindo dan Dami Mas Sepakati Kerjasama Penyediaan Benih Sawit

PALEMBANG , SAWIT INDONESIA – DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) dan PT Dami Mas Sejahtera, produsen benih sawit milik grup Sinar Mas, menjalin kerjasama penandatanganan nota kesepahaman mengenai penyediaan kecambah sawit bagi petani sawit anggota Apkasindo.

Kerjasama ini diwakili Suryanto Bun selaku Direktur PT Dami Mas Sejahtera, dengan pihak Apkasindo diwakil oleh Rino Afrino Sekretaris Jenderal DPP dan Gus Dalhari Harahap Ketua Harian DPP APKASINDO.

Hadir dalam penandatanganan MoU ini Susanto Yang, CEO Sinar Mas Agribusiness and Food untuk Wilayah Kalimantan Barat. MoU ini ditandatangani di sela-sela acara Andalas Forum II di Hotel Harper, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (14 Februari 2020).

Baca Juga :   Di Kalsel, GAPKI DAN APKASINDO Sepakat Kemitraan Setara

Rino Afrino menjelaskan bahwa MoU mulai berlaku semenjak ditandatangani hingga 21 Februari 2021. “MoU akan diikuti dengan perincian kerjasama yang lebih rinci di kedua belah pihak,” kata Rino.

Dengan MoU ini, kata Rino, petani sawit anggota Apkasindo mendapatkan berbagai keuntungan bagi yang tertarik membeli kecambah sawit produksi Dami Mas. Keuntungan yang diberikan antara lain mendapatkan potongan harga, pelayanan purna jual.

“Pelayanan purnajual kecambah itu termasuk di dalamnya adalah pembinaan ke petani sawit. Jadi, Dami Mas akan berbagi prinsip GAP (Good Agriculture Practice atau Praktek Pertanian yang Baik) ke petani sawit melalui pendampingan.”

Ditambahkan Rino, petani sawit akan lebih mudah dan menikmati manfaat dari pembelian kecambah ke PT Dami Mas Sejahtera. Manfaat MoU antara lain benih langsung didapat dari produsen, jaminan/garansi tener, harga khusus anggota apkasind, dan konsultasi, pembinaan teknis serta kunjungan berkala dari produsen.

Baca Juga :   Produsen Hilir Sawit Nasional Minim Ajukan Paten
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like